Bangun Waktu Sahur Itu Mudah

Artikel ini di Submit Pada 2015/06/30 Oleh Suryono

 

Bangun Waktu Sahur Itu Mudah — Assalamualaikum Wr Wb Hi sobat semuanya, pernah ga kalian ngerasa berat banget untuk membuka mata kita, bangun tidur dan bersiap siap sahur. Pasti semua hampir pernah. Memang sih bangun pada malam hari pada saat mata sedang kantuk, bukan pekerjaan ringan. Apalagi bila untuk keperluan sahur sebagai persiapan puasa. Apapun bentuk keadaanya, sebaiknya kita jangan melewatkan sahur sebab Rasulullah sudah menasehatkan kepada kita semua untuk melakukan makan sahur sebelum berpuasa.  Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

 

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي اَلسَّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah, karena sesungguhnya ada keberkahan dalam sahur.” (Muttafaq ‘Alaih)

 

Hadits tersebut  menunjukkan kepada kita bahwa kita sebaiknya  makan sahur sebelum berpuasa. Sebab, di dalamnya terdapat manfaat yang banyak dan keberkahan yang besar. Sesuai dengan namanya Al-Sahur, adalah istilah makan di waktu sahur, yakni akhir malam. Selain itu, Dari Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

 

السُّحُورُ أَكْلَةٌ بَرَكَةٌ فَلا تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

 

“Sahur adalah makanan berkah, maka jangan kalian tinggalkan walaupun salah seorang dari kalian hanya minum seteguk air, karena Allah  dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur.” (HR. Ahmad dan dihassankan Syaikh Al-Albani dalam Shahih al-Jami’, no. 3683)

 

Membaca hadist-hadist tersebut, sudah tentu bahwa makan sahur itu sangat amat bermanfaat. Karena demi mendapatkan moment sahur, banyak dari kita sudah mempersiapkan secara cermat makanan atau minuman sebagai bekal makan sahur nanti sebelum kita beranjak tidur, akan tetapi kenyataannya kita sering kali melewatkan menu tersebut alias tidak makan sahur. Kita cenderung melanjutkan untuk tidur karena  mata kita terasa berat sekali untuk terbuka sehingga kita keep on sleeping . Lalu bagaimana caranya agar kita dapat bangun malam dengan mudah untuk makan sahur? Berikut tipsnya.

 

  1. Jangan Bergadang

Kata Raja dangdut, Penyanyi dangdut tersohor kita, patahan lirik karyanya dalam lagu begadang berbunyi “begadang jangan begadang, begadang tiada artinya, begadang boleh saja kalau ada perlunya…”. Secara garis besar lagu tersebut memberikan nasehat kepada kita semua bahwa kita jangan begadang terus menerus.  Keseringan begadang biasanya ini yang menjadi halangan dalam bangun sahur dan menjadikan mata terus merasa mengantuk pada saat waktu sahur. Perhatian ini juga sangat dikhususkan kepada para pekerja keras  terlebih para pekerja keras  yang bergulat dengan pekerjaan menggunung  dan tidak selesai, bisa mengakibatkan beban pikiran yang mengakibatkan kita sulit bangun pada saat sahur. Alangkah lebih baiknya kita tidur awal kemudian pada saat kita selesai sahur, baru kita kerjakan lagi.

 

  1. Setting Alarm

Perkembangan teknologi semakin pesat begitu juga dengan inovasi alarm waktu yang semakin canggih misalnya alarm pada gadget. Kita bisa mensetting alarm sesuai dengan volume dan frekuensinya. Atur pula posisi alarm kita yang suaranya dapat terjangkau oleh telinga kita. Jangan letakkan alarm jauh dari dari jangkaun kita sehingga kita tidak mendengarnya sehingga kita melanjutkan untuk tidur. Sobat, perlu di ingat bahwa kita juga harus memastikan alarm kita masih berfungsi dengan baik dengan cara mengeceknya sebelum tidur.

 

  1. Makan dan Minum Secukupnya

Sobat, banyak diantara kita yang tidak mengetahui dampak jika kita terlalu kenyang. Biasanya kita kan balas dendam setelah puasa seharian dengan makan dan minum sebanyak yang kita mau  pada saat buka. Hal itu justru tidak diperkenan, karena firman Allah dalam surat Al-A’raf ayat 31 sudah memberikan pentunjuk kepada kita “Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” Ayat tersbut sudah menggambarkan perintah secara jelas kepada kita supaya jangan makan dan minum secara belebihan. Disisi lain Penelitian-penelitian  kedokteran saat ini juga menggambarkan bahwa jika kita terlalu banyak makan sampai kekenyangan, maka malah menjadikan kita sakit, malas untuk bangun dan menjadikan kita pasif sehingga alangkah lebih baiknya jika kita makan dan minum secara proporsional baik saat berbuka atau ngemil makan malam.

 

  1. Meminta Bantuan Orang Lain

Meminta bantuan orang lain dapat dilakukan dengan meminta kepada teman kita sesama muslim untuk membantu membangunkan kita misalnya melalui panggilan telefon. Buatlah jadwal berkelanjutan yang telah disepakati bersama untuk mengatur siapa-siapa yang mendapatkan jatah untuk membangunkan dan siapa yang hendak dibangunkan. Contoh lainnya misalnya sebagai anak kost bisa meminta tolong keapada bapak atau ibu kost untuk membangunkan kita jika mereka juga melakukan kegiatan sahur.

 

  1. Pintu Kamar Tidak Terkunci

Jika kita tinggal satu atap dengan orang orang terdekat kita, kita dapat meminta tolong kepada mereka untuk membangunkan kita. Ada dua alternatif pengaturan pintu, yaitu yang pertama jika kita tidur, hendaknya kita tidak perlu mengunci pintu kamar sehingga mempermudah mereka untuk membangunkan kita secara langsung. Untuk yang kedua, kita dapat memberikan  kunci pintu duplikat kepada mereka yang telah kita percayai untuk bisa membuka pintu kita.

 

  1. Luruskan Niat dan Doa

Hendaknya kita mensetting hati kita, berniat secara total untuk bangun dan makan sahur sebelum tidur. Ingat Niat bisa menjadi hal yang luar biasa, karena keinginan dari niat itu akan sampai ke otak dan akan tersimpan dalam otak dengan baik sehingga ingatan kita terprogarm untuk bangun makan sahur. Tambahkan dengan curahan doa meminta bantuan Allah untuk membangunkan kita pada saat sahur.  Kekuatan doa itu sangat penting, Karena kekuatan ini dapat membangkitkan alam bawah sadar kita dan dengan izin Allah, InsyaAllah kita akan bangun makan saur tepat pada waktu yang telah ditentukan

 

  1. Konsumsi Sedikit Air Putih Berlebih

Jika kita tadi dilarang untuk makan dan minum berlebihan, makan dan minuman tersebut merupakan menu menu utama dalam berbuka yang harus proporsional dan seimbang. Untuk minum air putih sedikit berlebih dapat menjadi resep ampuh untuk menjadikan kita terbangun disela-sela waktu kita tidur untuk buang air kecil akibat metabolisme pengaturan kadar air tubuh kita. Hasilnya pada saat tertentu kita terbangun dan dapat melakukan makan sahur

 

  1. Persiapkan Makanan Darurat

Tidak semua orang dapat bangun sesuai dengan alarm yang kita atur, sesuai dengan panggilan telefon yang kita atur, sesuai dengan bantuan orang lain yang sudah kita atur. Ada kalanya kita sedikit molor seperti karet  untuk bangun sehingga waktu untuk bersahur kita sangatlah terbatas. Kondisi seperti itu dapat disiasati dengan menyiapkan makanan darurat. Tidak semua orang sempat masak, apalagi mereka yang tinggal sendiri. Siapkan makanan darurat seperti kurma, pisang, roti dan minuman penting seperti air putih atau susu di rumah kita. Selamat mencoba…

 

Demikian tips-tipsnya untuk sobat semuanya. Semoga tips tersebut bermanfaat dan memberikan kemudahan bagi kita semua untuk dapat bagun tidur sehingga kita dapat makan sahur. Semoga bermanfaat dan selamat berpuasa.

Wassalamualaikum Wr Wb.

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage