Bahan Makanan yang Perlu Dihindari Saat Sahur

Jenis Makanan Sahur yang Perlu Dihindari — Menahan haus dan lapar ketika berpuasa seharian ternyata dapat kita siasati agar tidak membuat badan kita cepat lemas.

 

sahur

 

Jika sudah lemas pastinya ibadah kita yang lain juga akan terganggu. Salah satu caranya ialah memakan makanan yang cocok buat santap sahur. Maka alangkah baiknya jika kita selektif dalam memilih makanan saat sahur. Berikut ini jenis kandungan makananan yang perlu kita hindari saat sahur agar berpuasa lebih kuat dan nikmat.

 

1. Pedas & Asam

Makanan pedas cenderung semakin merangsang pengeluaran zat asam lambung yang berlebih, hal ini menyebabkan proses pencernaan Anda terganggu dan menyebabkan sakit perut. Sama seperti Makanan Pedas Asam juga dapat merangsang peningkatan Asam lambung. Hindari juga makanan yang menyebabkan cairan lambung naik ke kerongkongan. Antara lain seperti alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan makanan yang mengandung banyak minyak.

 

2. Gorengan

Sebaiknya anda hindari makan gorengan,karena makanan yang digoreng itu mengandung lemak yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh, maksudnya berat untuk dicerna dalam keadaan puasa.

Selain menguras energi karena membutuhkan waktu lama untuk dicerna, makanan gorengan dan berlemak ini akan menyebabkan Anda cepat merasa ngantuk. Rasa ngantuk tersebut disebabkan oleh menurunnya aliran darah pada tangan dan kaki. Tentunya, anda tak ingin merasa cepat ngantuk saat berpuasa dan beraktivitas, bukan? Karena itu, sebaiknya hindari makanan gorengan dan berlemak saat sahur.

 

3. Santan

Makanan bersantan sama seperti gorengan yang banyak mengandung minyak atau berlemak yang menurut ilmu kesehatan hal ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

 

4. Gula

Makanan yang mengandung terlalu banyak gula, atau gula, adalah makanan yang bisa menguras energi Anda lebih cepat. Gula memang memberikan energi dengan cepat, namun energi yang didapatkan dari gula bersifat seperti rollercoaster. Anda bisa mendapatkan energi dengan cara instan dan cepat, namun juga akan segera kehilangan energi tersebut dengan cepat pula. Waspadai efeknya dalam beberapa waktu. Energi Anda akan terkuras habis bahkan sebelum waktu berbuka.

 

5. Garam

Makanan sahur sebaiknya tidak memiliki rasa asin yang berlebihan. Karena garam secara alami akan menyerap cairan, maka makan makanan asin saat sahur nanti akan menyebabkan cepat haus ketika sedang puasa.

 

6. Rendah zat besi

Makanan yang kurang zat besi akan menyulitkan Anda untuk menggunakan energi dari makanan, karena zat besi dibutuhkan tubuh untuk membantu menyerap energi dari makanan dan menggunakannya.

Pastikan ketika sahur, Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi seperti bayam atau kacang-kacangan. Makanan yang mengandung banyak zat besi akan membantu Anda menjaga tingkat energi selama berpuasa dan menangkal rasa lesu atau ngantuk.

 

7. Kafein

Kafein memiliki sifat diuretik , yaitu membuat kita sering buang air kecil sampai dehidrasi. Hal ini menyebabkan proses penyerapan vitamin larut air bisa terbuang bersama urin yang kita keluarkan. Gejala paling ringan ketika mengalami dehidrasi adalah bibir dan lidah kering, lemah, pusing, rasa mual atau kelelahan ekstrim. Selain itu, warna urin menjadi lebih gelap daripada biasanya.

 

Sumber 1 | Sumber 2 | Sumber 3

 

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage