ASUS Transformer Pad (TF701T): Tablet PC Android Yang Produktif

ASUS Transformer Pad (TF701T): Tablet PC Android Yang Produktif — ASUS kembali perkenalkan tablet hybrid terbarunya yaitu Asus Transformer Pad TF701T. Ia adalah sebuah tablet dengan kemampuan keyboard-lepas-pasang yang dapat membuat tablet android ini dapat bertransformasi dari sebuah tablet menjadi laptop mini yang produktif dalam sekejap. Hadir dengan performa yang tinggi, TF701T ideal untuk menggantikan laptop lama Anda.

Asus Transformer Pad terbaru ini merupakan generasi ke-4 dari transformer pad yang pertamakali muncul Maret 2011 silam. Sebagai tablet hybrid Android, selama ini ia tidak memiliki banyak saingan, meskipun ada tablet hybrid sejenis seperti Microsoft Surface dan Nokia Lumia 2520 namun keberadaanya tidak terlalu popular di Indonesia. Terlepas dari kompetitior sejenisnya, namun mampukah Asus Transformer Pad TF701T menggantikan para pengguna laptop regular? Mari kita cermati spesifikasi dan reviewnya berikut ini.

[button size=medium style=less_round color=blue align=none url=http://www.lazada.co.id/?utm_source=officialblog&utm_medium=blog&utm_campaign=blogging_asustf701t]Daftar HP, Tablet & Laptop ASUS Di Lazada.co.id Klik Disini[/button]

Spesifikasi

Dimensi – 263 x 180.8 x 8.9 mm
Bobot – 585 g
Keyboard – Optional mobile dock with standard QWERTY keyboard and trackpad
Layar – Super IPS+ LCD, capacitive touchscreen, 16M colors, Corning Gorilla Glass 2
Ukuran Layar – 2560 x 1600 pixel, 10.1-inci, Kerapatan ~299 ppi
Memori Internal – 32/64 GB
Memori External – MicroSD up to 64 GB
Data – Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth v3.0 with A2DP, EDR, microUSB v2.0
Kamera Utama – 5 MP, 2592х1944 pixel, autofocus
Kamera Depan – 1.2 MP, 720p
Video – 1080p@30fps
Fitur – Geo-tagging, touch focus, face detection, image stabilization, HDR, sweep panorama
OS – Android OS, v4.2 (Jelly Bean)
Chipset – Nvidia Tegra 4 T40X
CPU – Quad-core 1.9 GHz Cortex-A15
GPU – ULP GeForce
RAM – 2 GB RAM
Baterai – Non-removable Li-Po battery (31 Wh)

  • Jaringan EDGE,3G/HSDPA, 4G LTE
  • Layar IPS – LCD 3,1 inch, 16juta Warna
  • Resolusi:  720 x 720 pixels
  • Kamera 5.0 MP Autofokus, Led Flash
  • Kamera depan 2Mp
  • Perekam Video HD 1080p@30Fps
  • Blackberry OS 10
  • 2GB RAM & 8GB ROM
  • WIFI, GPS, Bluetooth 4.0
  • NFC, Document viewer
  • Prosesor Dual Core 1.2Ghz Krait
  • GPU Adreno 225
  • Batere 2180mAh
  • Talk time 12 Jam
  • Memori Internal 8 GB
  • Micro SD up to 32 GB
  • Qwerty Keyboard
  • Swipe UI

Desain

Pada pandangan pertama, Transformer Pad TF701T terlihat sangat mirip dengan model sebelumnya. Namun bedanya kali ini Transformer Pad TF701 memiliki spesifikasi yang lebih powerful dan dipersenjatai dengan fitur terbaru.

Tablet ini dilapisi dengan bagian belakang alumunium dengan kesan guratan yang melingkar seperti terlihat pada gambar dibawah, hal ini sama juga dengan Transformer sebelumnya. Pada bagian atas tablet ini terdapat bagian berbahan plastik yang berperan sebagai housing tombol power, kamera utama dan berbagai antena (Bluetooth, WiFi dan GPS), hal ini dimaksudkan agar sinyal berjalan dengan baik.

Tabletnya sendiri memiliki bobot 585 gram dan ketika kita memasangkan keyboardnya maka berat bertambah 570 gram sehingga dalam bentuk laptop, Transformer Pad TF701T berbobot 1,135 kg. Bobot ini membuatnya tetap ringan dibandingkan dengan kebanyakan laptop reguler berukuran 10 inci lainnya.

Terdapat satu ciri khas pada tiap keyboard transformer, keyboardnya memiliki tombol dengan fungsi-fungsi yang sesuai dengan OS Androidnya. Terdapat 17 tombol khusus seperti: media playback, volume kontrol, screen brightness kontrol, tombol Bluetooth & Wi-Fi, tombol web browser dan tombol pintas menuju pengaturan (Settings).

Selain tuts yang nyaman dan terdapat tombol khusus Android, papan keyboard Transformer Pad TF701T juga dilengkapi dengan touchpad yang mensupport fitur gesture seperti scrolling dengan dua jari dan pinch-to-zoom.

Fitur

Dari sejarahnya Asus seri transformers Pad selalu memiliki prosesor dan kartu grafis dengan spesifikasi gaming. Seperti pada generasi terakhir ini, TF701T memiliki prosesor quad-core Nvidia Tegra 4 SoC running at 1.9GHz, supported by 2GB of RAM serta dampingan dari kartu grafis ULP GeForce. Berdasarkan tes yang dilakukan oleh zdnet.com, tablet ini menjalankan segala sesuatunya dengan sangat cepat bahkan pekerjaan sehari-hari seperti mengakses data dari USB flashdisk berjalan sangat cepat.

Menariknya lagi, keyboard Transformer Pad memiliki baterai yang dapat hidup selama 4 jam. Jadi bila Anda kehabisan baterai di tablet ini, cukup colokan pada keyboard dan tablet akan kembali menyala!

Konklusi

Transformer Pad TF701T yang merupakan generasi ke-4 dari keluarga tablet hybrid Asus ini mengutamakan peningkatan spesifikasi dibanding penampilan luarnya. keyboardnya sangat nyaman untuk digunakan, terasa enteng dan memberikan akurasi pengetikan yang sangat baik. Soal penyimpanan atau transfer data juga sangat lengkap karena dapat menyimoan data via USB, SD dan MicroSD. Baterai yang terdapat pada papan keyboard juga sangat membantu ketika baterai tablet habis.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage