Apa Sih Ramadhan Itu?

Artikel ini di submit pada 2015/07/10 Oleh Memo Dio

 

Apa Sih Ramadhan Itu? — Assalamualaikum Wr.wb saudara saudari ku sekalian, Ramadhan mungkin bagi kita yang beragama islam sudah gak asing lagi karena sudah setiap tahun kita merayakan ramadhan. Tapi apakan kita tahu apa sih ramadhan itu yang sebenarnya.

 

Ok langsung saja, Ramadhan itu bukan untuk main petasan, bukan pula untuk makan yang enak-enak apalagi nunggu dapat thr buat lebaran.

Tapi Al-Qur-an telah menjelaskan ” Ramadhan adalah (bulan) diturukannya Al-Quran sebagai panduan untuk umat manusia, juga tanda yang jelas untuk bimbingan dan penilaian (antara benar dan salah) jika salah seorang diantara kamu mencapai bulan itu, maka diwajibkan atas ia berpuasa. (Q.S Al-Baqarah 185)” dan ” wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (Q.S Baqarah 183)”

Dari 2 surah diatas saya akan menjelaskan tentang Ramadahan.

Allah SWT telah menciptakan ramadhan agar manusia bertakwa, bulan Ramadhan adalah bulan yang suci sebab pada bulan ini lah kitab suci umat Islam rahmat bagi semesta alam diturunkan. di bulan ini kita sangat di harus kan menekan kan ibadah kita kepada Allah SWT, sebab Allah SWT telah menyuruh kita mencari rezeki di dunia selama 11 bulan, ada kalanya cuma 1 bulan saja Allah SWT menyuruh Umat islam Untuk lebih Dekat dan mencari Limpahan Hidayah_Nya. terkadang ada saja umat yang tidak mengerti keutamaan berpuasa dan melakukan ibadah pada bulan ini. keutamaan bulan ramadhan meliputi

1.Ramadhan bulan diturukannya Al-Qur’an

Sudah jelas bahwasan nya Al-Quran diturunkan pada bulan suci ini, Pada bulan suci ini kita diharuskan perbanyak baca dan Memahami Al-Qur’an, yang mana kalau kita membaca 1 ayat saja pada bulan ini pahala yang kita dapat berlipat ganda dari 11 bulan lainnya

2.Setan-setan dibelenggu, Pintu-pintu neraka ditutup, dan Pintu-pintu surga di buka

mungkin banyak dari kita mendengar perkataan dari orang-orang tua kita bahwa setan itu dikurung, hal ini memang benar dan di jelaskan dalam salah satu hadist bahwa musuh umat menusia pada bulan ramdhan ini ialah dirinya sendiri

3.Terdapat malam kemulian dan keberkahan

malam kemuliaan ini disebut juga malam Lailatul Qadar, yaitu terdapat 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan, di dalam Al-Quran juga di jelaskan bahkan salah satu surah menjelaskan tentang malam Lailatul Qadar, Allah SWT menjanjikan bahwasannya barang siapa yang benar-benar melakukan ibadah pada malam Lailatul Qadar niscaya akan di Hapuskan dosa-dosa nya yang telah lalu. subhanallah

4.Doa orang orang puasa cepat dikabulkan

Nah, bagi sobat yang ingin menggapai cita-cita atau menginginkan doanya terkabul bulan ramadhan ini lah saat yang tepat, Pada bulan ini Sholat sunah sama pahalanya Sholat wajib pada hari biasanya di luar bulan Ramadhan, dan Sholat Wajib berlipat lipat ganda pahala yang di dapat. serta apabila kita kita senantiasa beribadah kepada Allah SWT pada Bulan ini InsyaAllah apa yang kita doa kan bakal terwujud. Aammiinn

5.Sholat sunnah Tarawih pada malam harinya

Wihh, bagi anak-anak saat terawih paling menyenang kan bisa main petasan bareng teman, tapi bukan itu keutamaannya, keutamaan sholat tarawih hampir sama dengan sholat Fardu, saat tarawih banyak hikmah dan hidayah yang dapat kita peroleh, sholat terawih yang diterima apabila seseorang melakukan secara terus menerus selama bulan Ramadhan, jangan pada awal nya doang semangat ke masjid pada akhir nya semangatnya ke Mall.

Nah yang di atas soal keutamaan bulan Ramadhan, sekarang keutamaan puasanya:

1.puasa adalah perisai

yang dimaksudkan adalah puasa menjadi perisai dari panas nya api neraka dan dapat pula menjadi pelindung untuk tidak melakukan hal hal yang sangat dilarang oleh islam.

2.orang yang berpuasa mendapatkan pahala yang tak terhingga

Allah tidak menyebutkan berapa kali lipat Pahala orang yang berpuasa, Sehingga takaran Pahala orang yang berpuasa adalah urusan hamba Dengan rabb-Nya.

3.orang yang berpuasa mendapatkan 2 kebahagiaan

-kebahagiaan di dunia

kebahagiaan di dunia nya ialah ketika kita mampu buka puasa bersama keluarga, makan bersama keluarga yang mana itu sangat jarang kita lakukan pada bulan bulan lain karena banyak kesibukan.

-kebahagiaan ketika ketemu dengan Rabb-Nya kelak

sungguh sebuah kebahagiaan yang sangat sangat besar apabila nantinya kita dapat bertemu dengan pencipta kita, berpuasa dapat membuat wajah kita berseri-seri pada hari akhirat nanti sehingga kita dapat menemukan surga dan pada hari itu kita tak malu untuk memandang Sang pencipta kita, Allah SWT. subhanallah.

4.bau mulut orang berpuasa lebih harum dihadapan Allah SWT

Nah buat yang ngerasa mulutnya bau karena puasa nggak usah malu karena sesungguh nya bau mulut orang berpuasa lebih harum dan wangi di hadapan Allah SWT, sedangkan manusia hanya makhluk-Nya, hal ini juga sudah di terangkan dalam salah satu hadist yang shahih ( yang benar/terbukti kebenarannya).

Allah SWT sangat menyayangi Makhluk-makhluk-Nya, arti Ramadhan yang sebenarnya Ialah Ibadah, ibadah yang khusyuk, Bulan Ramadhan ini Diciptakan agar umat manusia Lebih mengingat Allah SWT, Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT , mencari pahala dan hidayah nya. banyak kebaikan-kebaikan yang kita rasakan pada bulan ini, puasa mengajarkan kita bersabar. itulah kenapa banyak Ulama-Ulama menangis bersedu-sedu apabila Ramadhan sudah selesai , mereka Khawatir pada tahun depan Allah SWT sudah memanggil mereka dan tidak dapt bertemu dengan ramadhan. sekian Wassalamualaium Wr.Wb

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage