Apa Sih Enaknya Belanja Online?

Artikel ini disubmit oleh: Adnan Syafi’i Pada 25 Nopember 2014

Apa Sih Enaknya Belanja Online? — Bagi sebagian orang, pertanyaan “Apa sih enaknya belanja online?” begitu mudah dijawab. Namun, bagi sebagian yang lain, pertanyaan tersebut sulit untuk dijawab bahkan masih banyak yang sama sekali tidak mampu menjawabnya.

beautiful-15728_1280

Nah, sebagai penulis saya berharap, mudah-mudahan tulisan ini bisa menggambarkan apa itu belanja online sehingga masyarakat tidak lagi bingung dan bisa menjawab pertanyaan “Apa sih enaknya belanja online?”

Definisi Belanja Online

Menurut situs Wikipedia, belanja online atau belanja daring adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media internet (http://id.wikipedia.org/wiki/Belanja_daring). Sedangkan menurut situs LenteraKecil.com, belanja online (belanja daring) adalah suatu bentuk perdagangan menggunakan perangkat elektronik yang memungkinkan konsumen untuk membeli barang atau jasa dari penjual melalui internet. Berdasarkan kedua definisi di atas maka saya menyimpulkan bahwa belanja online adalah kegiatan pembelian yang dilakukan oleh pembeli kepada penjual yang menjual barangnya melalui media internet. Nah, itulah definisi belanja online menurut saya. Setelah definisi, berikutnya saya akan sharing apa sih enaknya belanja online.

Hemat Waktu

“Time is money,” kata orang Barat. Tidak perlu saya terjemahkan karena saya yakin Anda pasti sudah sangat tahu artinya. Apabila kita berbelanja secara langsung, tentu kita harus keluar rumah, naik kendaraan menuju pusat perbelanjaan, mencari toko yang menjual produk yang kita inginkan, pergi ke beberapa toko lain yang menjual produk serupa untuk melakukan perbandingan harga, lalu kembali ke toko yang menjual produk paling murah, melakukan transaksi dengan toko tersebut, lalu pulang dari pusat perbelanjaan, naik kendaraan menuju rumah, dan sampailah kita di rumah.

Sungguh merepotkan, bukan? Nah, dengan belanja online, semua siklus tadi tidak perlu kita lakukan karena cukup dengan membuka perangkat komputer atau smartphone yang tersambung dengan jaringan internet, lalu mengetikkan kata kunci berupa produk yang kita cari di laman Google, maka akan muncullah situs-situs toko online yang menjual produk yang kita inginkan. Setelah mengecek toko online tersebut satu per satu untuk melakukan perbandingan harga sekaligus mengecek reputasi, maka kita bisa menyimpulkan yang mana toko online terpercaya yang menjual produk yang kita inginkan dengan harga terbaik. Setelah ketemu, Anda bisa bertransaksi langsung dengan toko online tersebut dan tinggal menunggu pesanan Anda tiba di rumah. Nah, sungguh nyaman bukan? Dengan belanja online, Anda akan mampu menghemat waktu sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu Anda yang sangat berharga itu untuk mengerjakan aktivitas lain yang lebih bermanfaat.

Hemat Uang

Selain waktu, Anda pun juga bisa menghemat uang. Bila Anda berbelanja langsung, uang Anda habis untuk produk, transportasi, dan konsumsi selama di perjalanan. Namun, dengan belanja online, uang Anda hanya akan habis untuk membeli produk yang Anda inginkan. Kalaupun ada biaya lain, maka itu adalah biaya untuk berlangganan internet yang tentu sangat murah bila dibandingkan dengan ongkos transportasi menuju lokasi pusat perbelanjaan.

Hemat Tenaga

Bagian ini tidak perlu saya jelaskan panjang lebar. Sebab sudah sangat jelas. Jika Anda pergi ke pusat perbelanjaan, maka tenaga akan terkuras untuk melakukan perjalanan. Sedangkan jika Anda belanja online, Anda cukup duduk nyaman, buka perangkat elektronik seperti smartphone, tab dan laptop, sambungkan ke internet, browsing produk yang Anda ingin beli, dan seterusnya. Nah, seluruh siklus belanja online tersebut bisa Anda lakukan dengan duduk nyaman saja, tidak perlu dengan berpanas-panasan dan bermacet-macetan di jalan.

Nah, gimana, penjelasan saya di atas sangat mudah dimengerti, bukan? Penjelasan ini bukan khayalan, tetapi berdasarkan pengalaman saya pribadi yang sudah beberapa kali berbelanja online. Dan dari pengalaman saya selama ini, toko online terpercaya yang menjual produk terlengkap dan berkualitas dengan harga terbaik menurut saya adalah Lazada.

Mengapa Lazada? Sebab saya sangat mudah mencari produk yang saya inginkan dan bisa melakukan perbandingan harga dan fitur produk sekaligus. Produk yang saya pesan pun bisa dicek keberadaannya secara online, sehingga saya merasa aman dan merasa nyaman berbelanja di Lazada. Jika Anda belum pernah berbelanja di Lazada, saran saya cobalah sekali saja belanja di sana, beli saja barang yang paling murah. Cek status pesanan Anda secara online dan tunggu hingga pesanan Anda sampai ke rumah. Silakan Anda bandingkan sensasinya dengan belanja secara langsung.

Selamat mencoba!

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage