Ang-Pao Imlek – Makna dan Tradisi di Balik Sebuah Amplop Merah

Ang-Pao Imlek – Makna dan Tradisi di Balik Sebuah Amplop Merah — Tahun Baru Imlek sebentar lagi datang! Tempat-tempat umum mulai merombak dekorasi menjadi nuansa imlek yang penuh dengan warna merah, seperti memajang lampion-lampion merah, Bunga Meihua, dan dekorasi ang-pao.

 

makna-angpao-imlek

(Baca juga: Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek)

 

Nah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang yang merayakan Imlek, salah satunya adalah Ang-Pao, yakni amplop yang berisi uang. Dari anak kecil hingga orang dewasa pasti menyukai Ang-Pao dan senang saat mendapatkan amplop merah yang satu ini. Tetapi, buat tau lebih jelas mengenai Ang-Pao, Yuk simak informasi lengkap mengenai Ang-Pao berikut ini!

 

Apa itu Ang-Pao?

Ang-Pao adalah amplop yang berwarna merah yang biasanya berisi sejumlah uang yang diberikan kepada kerabat sebagai haidah untuk menyambut tahun baru Imlek. Karena Imlek identik dengan warna merah yang melambangkan kebaikan dan kesejahteraan dalam budaya Tionghoa,  Ang-Pao juga didesain dengan warna merah dan ornament-ornamen khas Imlek. Sebenarnya Ang-Pao tidak hanya ada saat Imlek, namun ada juga saat acara-acara penting masyarakat Tionghoa lainnya seperti pesta pernikahan, hari ulang tahun, dan syukuran rumah baru, karena Ang-Pao dianggap melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib yang baik kedepannya.

pemberian Ang-Pao

Masyarakat Tionghoa juga memiliki variasi makna terhadap jumlah uang yang ada dalam sebuah amplop Ang-Pao. Untuk acara yang bersifat suka cita biasanya jumlah dalam Ang-Pao adalah angka genap, sedangkan untuk acara berduka biasanya isi Ang-Pao berjumlah ganjil. Angka “empat” mempunyai asosiasi “ketidak-beruntungan” dalam budaya Tionghoa, karena pelafalan angka 4 dalam bahasa Cina “Shi” memiliki arti “mati” (shi wang). Oleh karena itu sangat dihindari jumlah uang dalam amplop atau Ang-Pao mengandung angka empat.  Tetapi kelipatan empat, yakni delapan, memiliki asosiasi yang berkebalikan, yakni keberuntungan. Tak heran masyarakat Tionghoa memberi Ang-Pao dengan jumlah yang mengandung angka delapan.

 

Siapa yang memberi  dan menerima Ang-Pao?

Kehidupan masyarakat Tionghoa sering  mengkaitkan segala macam sisi kehidupan dengan bentuk simbol-simbol. Termasuk Ang-Pao yang menjadi tradisi tak terelakkan dalam kehidupan orang Tionghoa. Penyebutan Ang-Pao pada zaman dahulu adalah Ya Sui. Zaman dahulu, sudah ada uang kertas, namun nominal uang kertas memiliki nilai nominal yang sangat tinggi sehingga jarang diberikan untuk anak-anak. Oleh karena itu, digunakanlan kepingan uang dengan nominal terkecil, yakni kepingan perunggu, Kepingan perunggu ini berlubang segi empat ditengahnya dan kemudian diikatkan menjadi untaian uang dengan tali merah.

 

angpao

 

Dalam tradisi Tionghoa, orang yang wajib memberi angpao adalah orang yang telah menikah, karena pernikahan dalam tradisi Tionghoa adalah batas antara masa anak-anak dan dewasa. Selain itu, pasangan yang telah menikah dianggap telah mapan secara kehidupan ekonominya. Selain memberi pada anak-anak, mereka juga memberi Ang-Pao kepada orang yang dituakan.  Bagi yang belum menikah, meskipun umurnya telah matang untuk menikah, masih berhak mendapatkan Ang-Pao. Hal ini dilakukan agar Ang-Pao dari orang yang telah menikah memberikan nasib baik kepada orang tersebut, termasuk dalam hal jodoh.

 

Beberapa Desain Amplop Populer

Saat perayaan hari besar, seperti Natal, Idul Fitri, dan Imlek, tak jarang produsen amplop berlomba-lomba membuat desain amplop yang menarik dan tentunya disesuaikan dengan perayaan tertentu. Misalnya perayaan Imlek yang bernuansa ornamen-ornamen Cina dan warna merah, amplop yang digunakan sebagai Ang-Pao didesain semenarik mungkin misalnya dengan ornament naga dan shio-shio di tahun Cina. Nah, ini berikut desain Amplop yang popular saat perayaan Imlek.

(Baca juga: Panduan Membuat Kartu Ucapan Imlek Sendiri, DIY)

 

Amplop dengan desain ikan koi

desain angpao ikan

Amplop yang berdesain ikan koi ini dipercaya bahwa sang penerima Ang-Pao berdesain ikan koi akan mendapatkan kesuksesan setahun kedepan. Tak hanya itu, ikan koi dalam tradisi Tionghoa juga disimbolkan sebagai pemberi kedamaian bagi sang pemilik.

 

Amplop dengan desain gaun khas Cina

desain angpao baju khas cina

Amplop yang biasa digunakan sebagai pemberian Ang-Pao di tahun baru Cina ini terinspirasi dari gaun tradisional Cina, yakni Cheong Sam. Anda bisa memberikan Ang-Pao dengan desain ini kepada kerabat yang berjenis kelamin wanita.

 

Amplop dengan desain motif segitiga

desain angpao pola segitiga

Bagi anda yang memberi Ang-Pao dengan desain yang lebih modern, anda bisa memberikan Ang-pao simple seperti gambar diatas. Selain itu, Ang-Pao berdesain modern ini tidak kehilangan nuansa Imlek, masih ada warna merah yang mendominasi dan tulisan-tulisan Cina.

 

Nah itu dia informasi mengenai makna Angpao hingga desain amplop yang popular saat perayaan Imlek. Bagaimana? Apakah anda telah menyiapkan Ang-Pao untuk kerabat dan ponakan-ponakan anda?

About the Author

Septi Riyani Maulida ; Lazada Indonesia

PROMOTION

homepage