Android One Bakal Hadir di Lazada Indonesia (Micromax, Karbonn, Spice Review)

Android One Bakal Hadir di Lazada Indonesia — Baru-baru ini Google mengumumkan proyek terbarunya yakni “Android One”. Proyek yang bertujuan untuk memproduksi ponsel dengan harga murah namun berkualitas ini pertamakali diumumkan di India dan produk Android One telah resmi diluncurkan disana sejak beberapa bulan lalu, tepatnya pada bulan September silam.
Android_One_Logo
Menariknya, Indonesia bakalan menjadi negara selanjutnya yang akan disambangi oleh proyek Android One ini. Hal ini juga diamini oleh pihak lazada, toko online terbesar di Indonesia. Rencana masuknya Android One pada bulan Desember nanti terungkap dari Andry Huzain (SVP Marketing & Business Development, Lazada Indonesia). “Benar (Android One akan meluncur di Indonesia), tapi namanya bukan Android One, pakai brand lokal,” ujarnya.

Android One sendiri memiliki standar/syarat dalam menggandeng produsen pembuat ponsel ini nantinya. Standar yang ditetapkan untuk ponsel Android One diantaranya adalah: layar 4,5 inci, prosesor quad-core MediaTek, RAM 1GB, kamera belakang 5MP dan kamera depan 2MP, serta siap mendukung OS Android 5.0 Lollipop. Ponsel ini juga harus memiliki selot microSD, baterai yang bisa dilepas, radio FM, dan dual-SIM. Seperti yang telah dilakukan di India, Google mengandengan tiga pabrikan lokal yakni Micromax, Karbonn, dan Spice. Sepertinya pabrikan lokal Indonesia juga bakal kebagian kerjasama Android One ini untuk merealisasikan misi ponsel murah dengan spesfikasi mumpuni.

Seperti kita ketahui bersama, Android One adalah inisiatif Google untuk mewujudkan ponsel cerdas berbasis Android dengan spesifikasi memadai dan harga terjangkau. Pertama kali dilontarkan dalam konferensi Google I/O pada Juni lalu, seri ponsel ini dijanjikan hadir di kisaran harga US$100 (Rp1,1 jutaan).

Kabarnya Lazada.co.id bakalan menjadi partner eksklusif Google dalam memasarkan Android One secara online di tanah air. Jika telah terealisasi, hal ini bakal menambah panjang portofolio situs e-commerce ini dalam menjual ponsel-ponsel entry-level, setelah sebelumnya sukses bekerjasama dengan Xiaomi (redmi 1s, Redmi Noe) dan Motorola (Moto G dan Moto E). Menariknya lagi, Andry mengungkapkan bahwa harga Android One yang akan dipasarkan di sini nantinya akan jauh lebih murah daripada produk-produk Xiaomi yang dipasarkan Lazada. Berikut ini daftar ponsel Android One lengkap dengan spesifikasinya yang telah meluncur di India beberapa bulan silam.

Micromax Canvas A1

micromax canvas A1
Micro Canvas A1 adalah salah satu ponsel Android One pertama. Micromax Canvas A1 adalah hasil produksi produsen lokal India bernama Micromax Mobile yang bekerjasama dengan Google. Micromax Canvas A1 hadir dengan OS Android 4.4.4 (KitKat), prosesor 1.3 GHz Quad-core dan layar sentuh 4,5 inci kapasitif. Dipersenjatai dengan 1GB RAM, 4GB memori internal, GPU Mali-400. Untuk dimensinya, Micromax Canvas A1 mengikuti standar FCC SAR.

Karbonn Sparkle V

karbonn sparkle v
Tidak jauh berbeda dengan Micromax Canvas A1, Karbonn Sparkle V hadir dengan sistem operasi Android 4.4.4 (KitKat) dan dipersenjatai prosesor 1.3 GHz quad-core. Ponsel ini berfitur dual sim dan memiliki 1 GB RAM serta 4 GB memori internal. Layarnya 4.5-inci dengan resolusi 480×854 pixel. Hadir dengan kamera utama 5MP dan kamera depan 2MP. koneksi GSM via 3G, Wi-Fi, GPS, Bluetooth and USB. Baterainya berkapasitas 1700 mAh yang diklaim dapat mempertahankan daya sampai 160 jam stand by dan 8 jam talk time.

Spice Dream UNO

spice-android-one-dream-uno-mi-4981
Spice UNO Mi-498 memiliki spesifikasi ponsel entry-level. Dipersenjatai dengan prosesor MediaTek SoC 1.3 GHz quad-core dan GPU Mali-400 serta 1 GB of RAM dan juga berfitur dual-SIM. Pada bagian depannya, layar seluas 4.5-inci FWVGA (480×854 pixel) IPS LCD. Tentunya dilengkapi dengan sistem operasi terbaru, Android 4.4.4 (KitKat). Spice Dream UNO memiliki kamera utama 5 MP lengkap dengan flash LED dan kemampuan untuk merekam video Full HD. Kamera depan 2 MP. Hadir dengan memori internal 4 GB dan opsi untuk menambah kapasitas external microSD up to 32 GB. Baterainya berkapasitas 1700 mAh Li-ion. Spice mengklaim baterainya dapat bertahan 10 jam talk time dan 160 jam standby.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage