Adu Gadget: Find 7 QHD vs Galaxy S5

Posted By Lazada Blog Contest Finalist: Jarwadi MJ On 19 March 2014

find 7 vs s5

Adu Gadget: Find 7 QHD vs Galaxy S5 — Oppo merupakan pabrikan smartphone asal Cina yang dalam waktu singkat sukses menggebrak perhatian dunia Android dengan seri flagship Find 5 (Oppo Find 5). Dengan produk Find 5 ini pula Oppo berhasil mengambil hati pengguna smartphone Android di Indonesia sekaligus membuktikan bahwa merk asal Cina ini mampu membawakan produk-produk premium yang siap bersaing dengan Samsung, Sony, LG bahkan Apple sekalipun.

Melanjutkan gebrakan yang dibuat dengan Find 5, Rabu kemarin (19 Maret 2014) di Beijing, Oppo meluncurkan produk smartphone Android baru yang digadang-gadang menjadi smartphone Android terbaik yang ada pada saat ini. Produk high end dari pabrikan Oppo itu disebutnya Find 7 QHD atau Oppo Find 7 QHD. Sebuah ponsel berlayar IPS LCD capacitive touch screen berukuran 5,5”, beresolusi 2560 x 1440 pixel (resolusi ponsel terbaik yang ada pada saat ini) dan jeroan dengan spefikasi terdepan yang ada pada saat ini.

Inilah kenapa kali ini saya mengadu Oppo Find 7 dengan flagship terbaru dari Samsung yang baru-baru ini diperkenalkan di Mobile Word Congress di Barcelona, yaitu Samsung Galaxy S5. Sekarang mari kita cermati satu per satu fitur-fitur yang diunggulkan oleh kedua seri flagship ini:


1. Kamera – Oppo Find 7 VS. Samsung Galaxy S5

Sebagai penggemar mobile photography, tentu kemampuan kamera adalah yang paling saya inginkan dalam suatu ponsel.

Oleh Oppo, Find 7 dipersenjatai dengan kamera utama beresolusi 13MP (4128 pixel X 3096 pixel) dengan sensor Sony IMX214 CMOS, lensa F/2.0 dan dual LED Flash. Kamera utama ini selain bisa mengambil foto beresolusi tinggi juga dirancang untuk mampu merekam video UHD 4K, video Full HD 1080 x 1920 dan video slow motion pada frame rate 120 fps. Tidak tanggung-tanggung Find 7 dilengkapi kamera depan 5MP. Bayangkan, foto selfie sebagus apa yang bisa dilakukan oleh kamera depan 5MP.

Sementara Samsung mempersenjatai Galaxy S5 dengan kamera utama beresolusi 16MP (5312 X 2988 pixel) dengan ukuran sensor 1/2.6” – ukuran pixel 1.12 micrometer, lensa F/2.2 dan LED Flash. Kamera utama ini mampu merekam video UHD 2160 p @30 FPS dan video Full HD 1080p @60fps. Di sisi kamera depan Samsung Galaxy S5 dilengkapi dengan kamera 2MP berkemampuan merekam video Full HD 1080p.

Dilihat dari sisi resolusi, kamera milik Galaxy S5 cukup mengungguli apa yang dipunyai oleh Find 7, namun bagi seorang mobile photographer enthusiast seperti saya, pixel count bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan bagus dan tidaknya suatu kamera ponsel. Saat ini kamera ponsel beresolusi 8 MP saja sudah saya anggap mencukupi. Di sini ada satu hal yang secara jeli saya tangkap adalah  aperture F/2.0 di kamera Oppo Find 7 lebih lebar dari milik Galaxy S5 yaitu F/2.2. Selisih lebar aperture pada kamera tentu sangat berharga ketika photographer dihadapkan dengan kondisi pemotretan minim cahaya. Saya berkeyakinan aperture kamera Find 7 QHD akan memberikan dampak hasil foto yang lebih baik pada situasi pemotretan low light.


Layar – Oppo Find 7 VS. Samsung Galaxy S5

Berbicara mengenai layar ponsel selalu menjadi menarik terkait dua hal, yaitu karapatan pixel (pixel density) dan berapa ukuran fisik layar (screen size) yang terbaik sekaligus pas untuk sebuah ponsel. Yang pada akhirnya hampir semua pabrikan sepakat pada angka 5” untuk ukuran diagonal layar untuk ponsel flagship yang diusungnya. Mengenai pixel density saya kira tidak ada pabrikan ponsel yang tidak sepakat bahwa makin tinggi ppi (pixel per inch) maka makin bagus layar ponsel itu.

Untuk ukuran layar, Oppo Find 7 QHD dan Samsung Galaxy S5 tidaklah terpaut jauh. Masing-masing menggunakan ukuran layar 5.5” dan 5.1”. Perbedaan mencolok terdapat pada kerapan pixel (pixel density). Find 7 QHD unggul telak dibanding Galaxy S5. Find 7 QHD mengusung resolusi 2560 X 1440 pixel (524 ppi) dibanding Galaxy s5 yang beresolusi 1080 X 1920 pixel (432 ppi).


Processor dan RAM  Oppo Find 7 VS. Samsung Galaxy S5

Processor dan RAM merupakan faktor penentu penting dan utama bagi performa suatu ponsel pintar. Perkembangan jaman dan kebutuhan pengguna saat ini semakin menuntut komputasi yang semakin rumit namun ingin diselesaikan secara instan dan simultan. Tidak heran bila hal ini menjadikan kebiasaan orang untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Kemampuan multi tasking yang bagus suatu ponsel pintar tidak bisa ditawar. Maka di sini saya ingin membandingkan Processor dan RAM dari keduanya.

Oppo Find 7 QHD menggunakan Chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801, CPU Quad-core 2.5 GHz Krait 400 dan GPU Adreno 330. RAM : 3 GB.

Samsung Galaxy S5 menggunakan Chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801, CPU Quad-core 2.5 GHz Krait 400 dan GPU Adreno 330. RAM : 2 GB.

Tidak ada yang berbeda dari keduanya kecuali besar RAM yang digunakan. Find 7 QHD berbeda dengan RAM yang lebih lega sebesar 1 GB. Menurut saya selisih RAM sebesar 1 GB akan cukup terasa berpengaruh ketika ponsel pintar ini sedang menjalankan banyak aplikasi secara simultan.


Baterai  Oppo Find 7 VS. Samsung Galaxy S5

Bagi saya daya tahan batere merupakan faktor penting untuk menilai bagus dan tidaknya suatu ponsel pintar. Kamera bagus, performa yang gegas serta layar yang mampu mereproduksi detil dalam tiap pixelnya akan kehilangan arti bila ponsel tidak bisa lebih lama jauh dari charger dan colokan listrik.

Oppo Find 7 QHD dicatudayai oleh batere berkapasitas 3000 mAH dan Samsung Galaxy S5 oleh batere berkapasitas 2800 mAH. Selisih yang menurut saya tidak banyak. Yang pada akhirnya keawetan/daya tahan batere ini akan dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya resolusi layar, kalibrasi kecerahan layar, Operating System, dan lain-lain.


Sistem Operasi – Oppo Find 7 VS. Samsung Galaxy S5

Kedua smartphone ini, baik Find 7 QHD maupun Galaxy S5 sama-sama menggunakan OS Android v4.4.2 Kitkat. Yang membedakan keduanya ada di sisi User Interface, yang mana Samsung Galaxy S5 menggunakan Touch Wiz UI sedangkan Oppo Find 7 QHD menggunakan ColorOS 1.2.

Tidak mudah  menilai yang terbaik dari dua karya lukis seperti halnya mengambil yang terbaik dari Touchwiz UI dan ColorOS 1.2. Ini menurut saya masalah selera, user experience dan kebiasaan saja.


Fitur – Oppo Find 7 VS. Samsung Galaxy S5

Di sisi fitur Samsung Galaxy S5 bisa dibilang yang terkaya di antara smartphone yang ada saat ini. Sebut saja Finger Print scanner yang akan berfungsi seperti halnya Touch ID di iPhone 5s, Heart Rate Sensor, Wireless Charging, Air Gestures, Smartplay, Smart pause, Smart Scroll, dan lain-lain.

Di pihak lain Oppo tidak terlalu royal dalam memberikan fitur untuk Find 7 QHD. Namun teknologi VOOC yang difiturkan mampu mengisi batere sampai 75% dalam waktu 30 menit sungguh mengesankankan bagi saya yang tidak pernah cukup sabar menunggu.


KESIMPULAN Oppo Find 7 VS. Samsung Galaxy S5

Meskipun spesifikasi dan fitur penting dari Oppo Find 7 QHD dan Samsung Galaxy S5 sudah saya bandingkan head to head tentu tidak mudah untuk menyimpulkan mana yang terbaik dari keduanya. Tiap orang tentu mempunyai kebutuhan dan preferensi masing-masing untuk memilih smartphone terbaik untuknya.

Seorang Mobile Photography Enthusiast seperti saya tentu akan menjatuhkan pilihan kepada Find 7 QHD, sementara orang-orang yang memilih fit lifestyle (healthy life style) kebutuhannya bisa diakomodasi oleh S5. Finger print scanner di S5 tentu juga akan menjadi solusi bagi mereka yang malas memasukan pass code tiap kali ingin menggunakan smartphone dari keadaan terkenci.

Demikian pula harga akan menjadi faktor penentu penting bagi orang sebelum merogoh dompetnya meminang suatu ponsel baru. Oppo Find 7 QHD dikabarkan akan tersedia dipasaran dengan harga mulai dari 5.5 juta rupiah sedangkan Samsung Galaxy S5 akan tersedia dengan harga Rp 8.5 juta.

Apa pun pilihannya, nantikan kedua gadget canggih ini tersedia di Lazada, toko online terpercaya Anda. 🙂

Referensi:

  1.  http://anandtech.com/show/7768/galaxy-s5-initial-thoughts
  2.  http://www.gsmarena.com/oppo_find_7_is_official_the_first_with_a_qhd_display-news-8072.php

stamp--Blog--Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage