9 Alasan Puasa Ramadhan Wajib Dilakukan

Artikel ini di Submit Pada 21 Juni 2015 Oleh: Gilang Dama Pradiaksa

 

9 Alasan Puasa Ramadhan Wajib Dilakukan — “Apa yang dimaksud Puasa?” “Bagaimana bisa Puasa umat Islam di bulan Ramadhan berbeda dengan Puasa agama lain?” “Kenapa harus satu hari ‘menyiksa’ tubuh sendiri dengan Puasa?” “Apa yang kamu dapatkan dari Puasa pada akhirnya?” …

 

Ini adalah beberapa pertanyaan yang mungkin beberapa teman non-Muslim sering tanyakan, biasanya pertanyaan ini keluar karena kasihan dan bersimpati kepada kita yang muslim. Berpikir, mengapa harus ada orang menderita kelaparan dan kehausan seperti Muslim?

 

>>Berikut ada 9 Alasan Puasa Ramadhan Wajib Dilakukan

 

*1. Puasa adalah sebuah sifat dan sikap untuk memperbaiki karakter moral dan spiritual manusia. Tujuan dari puasa adalah untuk membantu mengembangkan pengendalian diri, pemurnian diri, kesadaran, kasih sayang, semangat peduli dan berbagi, cinta kemanusiaan dan kasih Allah. Puasa bukan hanya menahan lapar atau haus, namun suatu tindakan ibadah dan ketaatan kepada Allah.

 

*2. Puasa Ramadhan memberi kita istirahat dan memberikan kita kesempatan langka untuk berpikir tentang diri kita sendiri, masa depan kita, dan keluarga kita. Ini adalah waktu untuk memberikan diri kita istirahat mental dan untuk sementara melupakan ratusan kekhawatiran dan tekanan kepada kita yang terus-menerus datang.

 

*3. Puasa mengajarkan kita arti dalam kesabaran, tidak egois, dan rasa syukur. Ketika kita berpuasa kita merasakan sakit,kehausan, kelaparan dan belajar bagaimana untuk bertahan dengan sabar. Arti dari pengalaman puasa ini dalam konteks sosial dan kemanusiaan adalah bahwa kita jauh lebih cepat bersimpati dengan orang-orang yang tertindas dan miskin di sekitar kita, dan tanggap menanggapi kebutuhan mereka. Ini adalah bulan yg tepat untuk mengunjungi orang-orang fakir miskin untuk berbagi kebahagiaan kepada mereka. Hal ini hanya ada, selama waktu seperti Ramadhan yang dapat mengerti kondisi mereka di dunia ini yang mungkin tidak seberuntung kita.

 

*4. Puasa di bulan Ramadhan memungkinkan kita untuk menguasai seni adaptasi dengan matang dan membagi Waktu dengan tepat. Kita tidak menyadari bahwa puasa membuat orang mengubah seluruh jalan hidup mereka sehari-hari. Ketika mereka membuat perubahan, mereka secara alami menyesuaikan diri dengan sistem baru dan jadwal baru, dan bergerak bersama untuk mematuhi aturan. Ini dalam jangka panjang berkembang dalam diri mereka rasa bijaksana dan kekuatan diri yang diciptakan untuk mengatasi kesulitan yang tak terduga dalam hidup.

 

*5. Memupuk di dalam diri kita prinsip Cinta yang tulus, karena ketika kita mengamati puasa, kita melakukannya dari cinta yang mendalam kepada Allah. Dan orang yang mengasihi Allah, benar-benar adalah orang yang tahu apa itu cinta dan mengapa semua orang di Bumi ini harus dicintai dan diperlakukan secara adil, demi Allah.

 

*6. Pada bulan Ramadhan, banyak Muslim mencoba untuk menghindari menonton TV, mendengarkan musik, dan beberapa kegiatan santai lainnya, Bulan Ramadhan Ini adalah pengingat tugas kita kepada Allah, tujuan kita dan Derajat yang lebih tinggi dalam hidup kita

 

*7. Puasa memiliki banyak bukti secara ilmiah, berpuasa memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh manusia apalagi berpuasa pada bulan ramadhan. Terlebih lagi zaman sekarang terdapat banyak penyakit yang merajalela yang berasal dari gaya hidup tidak sehat. Hal ini dapat diobati dengan berpuasa satu bulan penuh pada bulan ramadhan.

 

Manfaat Puasa Bulan Ramadhan Secara Ilmiah antara lain sebagai berikut:

@ Meningkatkan Fungsi Otak

@ Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh atau mengurangi tingkat kegemukan

@ Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

@ Mencegah Diabetes dan kelebihan nutrisi

@ Membuat pola pikir lebih tajam

@ Membuat pikiran menjadi lebih tenang dan terhindar dari penyakit kronis

@ Bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah

@ Mengobati penyakit sendi/encok

@Menyehatkan Ginjal

@ Terhindar dari kebiasaan yang tidak menyehatkan, dll

*8. Bulan Ramadhan memberikan kita Hikmah dalam Berpuasa Antara lain:

@ Meningkatkan Ketakwaan

@ Meningkatkan rasa syukur atas segala nikmat Allah SWT

@ Orang yang berpuasa menyibukkan hatinya dengan pikir dan zikir

@ Melatih disiplin waktu

@ Keseimbangan dalam hidup

@ Lebih peduli dengan sesama

@ Berhati-hati dalam berbuat sesuatu

@ Melatih hidup sederhana

@Berlatih untuk tabah

@ Selalu melakukan kegiatan mulia karena itu ibadah, dll

 

*9.Puasa Bulan Ramadhan Itu membuat kita menyadari realitas kehidupan dan kematian. Puasa membuat kita menyadari betapa bergantung hidup kita pada hal-hal yang sering kita anggap remeh, seperti makanan dan air. Itu membuat kita berpikir tentang ketergantungan kita pada Allah. Selain itu, mengingatkan kita pada kehidupan setelah kematian, yang itu sendiri memiliki dampak yang besar pada karakter kita dan pandangan hidup kita kedepan.

 

Singkatnya, Puasa adalah untuk mendisiplinkan jiwa kita dan perilaku moral, juga bersimpati bagi saudara kita yang kurang beruntung.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙂

 

Lazada blog finalist

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage