7 Tradisi Unik Perayaan Natal di Luar Negri

7 Tradisi Unik Perayaan Natal di 7 Negara — Tinggal menghitung hari menuju hari Natal! Bagi kamu yang merayakannya, sudahkah kamu mempersiapkan diri untuk hari Natal tahun ini? Semoga hari raya Natal yang sudah di rencanakan bersama keluarga berjalan lancar dan penuh kasih.

 

foto hari natal

 

Banyak sekali perayaan atau tradisi-tradisi yang dilakukan oleh keluarga-keluarga di Indonesia untuk menyambut Natal, seperti makan bersama, tukar kado, berkumpul bersama keluarga, menghias pohon natal, dan pergi ibadah ke gereja.

Tahukah kamu? Ternyata beberapa negara dibelahan dunia pun memiliki perayaan atau tradisi Natal tersendiri yang terbilang sangat unik. Berikut 7 perayaan Natal yang unik di berbagai belahan dunia lain yang sangat menarik untuk dibahas.

 

1. Pasar Tradisional Natal di Jerman

Perayaan Natal di Jerman dimulai 4 minggu sebelum hari Natal tiba yang ditandai dengan kehadiran pasar Natal atau dikenal dengan Weihnachtsmarkt dimana pasar musiman ini menjual berbagai kebutuhan pernak–pernik Natal, kebutuhan musim dingin, serta makanan dan minuman Natal.

pasar natal di jerman

Tanggal 6 Desember adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak, karena sehari sebelumnya mereka akan meletakkan sepatu di depan pintu dengan harapan Santo Nikolas akan mengisinya dengan cokelat, permen, dan makanan manis lainnya.

 

2. Krampus “Santa Claus” Austria

Jika Sinterklas adalah mascot natal di negara-negara lain, berbeda dengan Austria. Pada tanggal 5 Desember, Krampus Night dilaksanakan di Austria. Krampus adalah tokoh yang dipercaya sebagai kembaran Sinterklas namun memiliki sifat yang sangat bertolak belakang dengan Sinterklas.

krampus natal

Krampus bertugas untuk memukuli dan menghukum anak-anak nakal di seluruh dunia. Krampus Nigh dirayakan dengan laki-laki yang memakao kostum setan yang akan berkeliling di seluruh kota dan memukuli orang-orang yang lewat dengan menggunakan tongkat.

 

3. Santa Lucia di Swedia

Berbeda dengan Austria yang menunggu kedatangan Krampus, masyarakat di Swedia menanti kedatangan Santa Lucia. Santa Lucia adalah Santa Pelindung Cahay. Masyarakat Swedia merayakan Natal dimulai sejak tanggal 13 Desember yang menjadi hari Santa Lucia menurut kalender Gereja.

santa lucia

Perayaan ini dimulai dengan putri sulung pada suatu keluarga yang harus bangun pagi dan menggunakan gaun putih dan harus melayani sarapan untuk orang tua dan keluarganya. Selain itu, pada malam Natal juga digelar prosesi lilin.

4. Perayaan Natal di Spanyol

natal di spanyol (1)

Setelah melakukan kebaktian di malam Natal, warga Spanyol akan berjalan sambil membawa obor. Selain itu, mereka juga akan memainkan alat music seperti gitar, drum, dan rebana sepanjang malam tanpa tidur.

5. Tradisi Nativity di Italia

Warga Italia akan melengkapi Natal dengan menghadirkan hiasan patung kayu bayi yesus yang dikenal dengan tradisi Navity. Mereka akan memasang Navity di setiap sudut rumah ataupun Gereja.

Nativity (1)

Tak hanya itu, biasanya warga Italia mengadakan pesta makan malam di malam Natal dengan menyajikan tujuh macam ikan yang dimasak secara tradisional. Selain itu, anak-anak di Italia sengaja menggantungkan kaos kai mereka agar mendapatkan hadiah dari Santa Klaus.

 

6. Perayaan Natal di Alaska

Warga Alaska merayakan Natal dengan berkumpul di jalan-jalan utama kota sambal menari-nari menikmati hiburan. Sedangkan anak-anak membawa bintang Natal tradisional yang diikat di tiang sambil berkunjung dari rumah ke rumah lainnya.

perayaan natal di alaska (1)

Mereka akan menyanyikan berbagai lagu Natal pada setiap rumah yang mereka singgahi dan mereka akan mendapatkan kue salmon asap, permen, dan lainnya. Warga Alaska melakukan perayaan ini hingga Pesta Epiphany yang berlangsung pada 6 Januari.

 

7. Mummers Festival di Kanada

festival mummers

Terdapat sebuah festival di Kanada saat perayaan Natal berlangsung. Dalam tradisi ini masyarakat akan memakai kostum natal dan berkeliling ke setiap rumah dan sambil bertanya, “Apakah ada Mummers mala mini?” lalu mereka juga mulai menyanyi dan menari di rumah yang mereka singgahi. Lalu tuan rumah akan menyajikan kue natal dan susu hangat kepada mereka.

 

Nah, itu dia 7 Tradisi Perayaan Natal di 7 Negara yang sangat unik saat menyambut hari Natal. Bagaimana dengan persiapan Natal Anda? Apa rencana Anda di hari Natal? Semoga Natal tahun ini menjadikan Anda dan keluarga Anda selalu dalam kebahagiaan dan penuh cinta dan kasih!

About the Author

Septi Riyani Maulida ; Lazada Indonesia

PROMOTION

homepage