7 Tips Sehat Saat Berpuasa

7 Tips Sehat Saat Berpuasa — Bagi umat muslim, melaksanakan ibadah puasa telah terbukti memiliki banyak manfaat, termasuk bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, puasa juga bermanfaat dari sisi sosial dan kejiwaan. Dari segi sosial, puasa melatih orang berdisiplin, cinta keadilan, dan kadamaian.

abstinence-muslim-fasting-fast-complain-ramadan-ecard

Dari sisi kejiwaan, puasa membuat manusia menjadi pandai dalam menguasai diri. Sedangkan dari sisi kesehatan, berpuasa berarti mengistirahatkan saluran pencernaan (usus), enzim, dan hormon yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan terus-menerus selama kurang lebih 18 jam.

Organ vital ini dapat istirahat selama 14 jam. Pada saat puasa, kadar gula dalam darah mudah dikendalikan. Apabila kadar gula darah turun, cadangan gula dalam bentuk glikogen di dalam hati mulai digunakan. Berikut beberapa tip untuk Anda:

1. Niat Ikhlas

Tanpa niat Anda akan tetap meraih manfaat berpuasa dari sisi kesehatan, sosial, maupun kejiwaan. Namun inti ibadah tersebut ialah mendapatkan ridho dan ibadah diterima oleh Allah SWT yang mana salah satu pemicu utamanya ialah niat yang ikhlas. Selain itu dengan keyakinan dan niat ikhlas tersebut Anda akan menjaga puasa tetap konsisten. Jadi jangan lupakan niat ketika anda akan memulai puasa (saat sahur).

2. Cukup Air

Jangan lupakan kebutuhan tubuh Anda akan Air. Tubuh kita terdiri dari 80% air, maka manfaatkan waktu sahur dan berbuka puasa untuk meminum cukup air. Air bukah hanya berarti air putih namun Anda dapat memilih teh, susu, jus, buah atau makanan sayuran.

3. Cukup Kalori

Kalori dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga pada tubuh Anda. Dalam sehari seorang wanita membutuhkan kira-kira 1900 kalori, sedangkan pria 2100 kalori. Kebuthan ini masih dapat dipenuhi ketika Anda berpuasam yaitu dengan memakan makanan alami agar tubuh mudah mencerna dan merubah makanan menjadi kalori. Makanan olahan memiliki efek negatif bagi tubuh karena mengandung bahan kimia dan sulit diurai menjadi kalori untuk tubuh. Kalori terkandung dalam makanan seperti: Nasi, jagung, ataupun mie, pastikan menu sahur dan berbuka Anda terdapat menu tersebut. Sedangkan protein adalah daging, tahu, dan lain-lain.

4. Berbuka Secara Bertahap

Menahan lapar haus dahaga selama 14 jam tidak jadi alasan untuk “balas dendam” ketika buka puasa. Saatnya kita lebih dewasa dan memperhatikan kesehatan tubuh. Lihatlah kebutuhan yang harus Anda penuhi, karbohidrat 50-60 persen,protein 10-20 persen, lemak 20-25 persen, cukup vitamin dan mineral dari sayur dan buah. Makanlah secara bertahap. Bisa Anda mulai dengan menikmati makanan ringan atau minuman yang manismanis seperti kolak pisang, kurma atau teh manis. Makanan manis mengandung karbohidrat sederhana yang akan mudah diserap dan segera menaikkan kadar gula darah. Setelah salat magrib, makan makanan pelengkap yang terdiri dari nasi atau pengganti nasi, protein dari ayam, ikan, atau daging, tahu atau tempe, serat dari sayuran, dan buah. Setelah salat tarawih, Anda dapat makan camilan berupa roti atau buah. Pembagian makan bisa Anda lakukan seperti ini: 50 persen untuk berbuka, 10 persen setelah salat tarawih, dan 40 persen waktu sahur.

5. Mengatur Makanan Sahur

Usahakan porsi sahur tidak sama dengan porsi makan saat berbuka puasa. Makanlah makanan dengan kadar protein
tinggi. Pencernaan dan penyerapan makanan juga menjadi lebih lama dibandingkan dengan makanan yang kadar karbohidratnya tinggi. Setelah sahur, tambahkan susu tanpa lemak dan suplemen multivitamin agar stamina tetap terjaga.

6. Tetap Berolahraga

Tubuh Anda justru akan semakin lesu jika Anda tidak berolahraga. Tak harus olahraga yang banyak mengeluarkan keringat, tapi cukup olahraga yang banyak mengeluarkan keringat, tapi cukup olahraga ringan saja seperti jalan kaki, naik sepeda, dan lain-lain. Waktu berolahraga yang baik adalah menjelang berbuka puasa.

7. Tidur Siang

Ini akan membantu Anda agar tidak mengeluarkan cairan tubuh berlebihan karena sengatan matahari atau yang lainnya. Selain itu, tidur siang akan mengurangi rangsangan lapar yang berasal dari perut.

Sumber: http://www.metro.polri.go.id/trips-a-trik/1054-tips-sehat-jalankan-ibadah-puasa


PROMOTION

homepage