7 Tips n’ Trik Dasar Pada HP & Tablet Android yang Serbaguna

8 Tips n’ Trik Dasar Pada HP & Tablet Android yang Serbaguna — OS Android merupakan salah satu sistem operasi yang kompleks, bahkan terkadang dianggap rumit, namun dengan beberapa tips dan trik dasar yang sederhana, kita akan mendapatkan betapa simple dan praktisnya menggunakan hp atau tablet Android ini.

Pilihan Berbagai HP & Tablet Android di Lazada.co.id Disini >

tips n trick android lazada indonesia

 

Ditambah lagi dengan selalu di-updatenya OS besutan Google ini, membuat fungsi dan kinerjanya menjadi terus lebih canggih dari sebelumnya, seperti widget, shortcut dan beberapa trik simple yang akan membuat kegiatan mobile anda makin nyaman.

 1. Membaca isi notifikasi tanpa membuka kunci layar/keylock.

Dalam sehari kita berkali-kali memeriksa, men-chek, membuka tutup kunci layar hp/tablet android kita, bahkan ketika kita buka ternyata bukanlah notifikasi yang begitu penting. Agar lebih praktis, ketika layar terkunci, cukup swipe layar dari ujung atas kebawah, setelah itu kamu bisa melihat semua notifikasi yang masuk, dari sana kamu bisa pilih notifikasi mana yang akan kamu akses.

2. Mengetik dengan Suara.

Menyetir mobil sambil mengetik adalah kegiatan yang sangat berbahaya jika dilakukan. Kini anda cukup katakan apa yang ingin anda tulis dan kemudia hp/tablet android anda akan mengetikannya untuk anda. Caranya? Ketika anda akan update status, sms atau lainnya, lihatlah pada bagian samping keyboard space bar ada ikon microphone, cukup tekan satu tombol microphone tersebut dan mulailah bicara apa yang ingin anda tuliskan.

3. Screenshot Layar Android.

Ada kalanya kita memerlukan cuplikan tampilan layar hp/tablet android kita, hal tersebut ternyata sangat gampang lho! Anda yang punya OS Android versi ICS keatas, cukup tekan tombol power pada hp/tablet android anda, berbarengan dengan volume (-). Secara otomatis screenshot akan terambil dan tersimpan di galeri foto anda.

4. Kontak pada Homescren.

Teknologi speed dial sudah ketinggalan jaman. Dengan Android, beberapa nomor penting yang sering anda hubungi sehari-hari bisa anda letakan pada layar homescreen, jadi anda tidak perlu masuk ke phonebook atau memakai speed dial. Caranya, pilih widget kontak di hp/tablet android kamu, kemudian pilih kontak yang akan dijadikan shortcut pada homescreen.

[button size=medium style=less_round color=blue align=none url=http://www.lazada.co.id/beli-tablet-murah/?utm_source=officialblog&utm_medium=blog&utm_campaign=blogging_tipsandroid]Tablet Android Dibawah 2 Juta Klik disini[/button]
5. Monitor Data Internet Yang Terpakai.

Tidak semua orang memakai paket unlimited internet pada gadget androidnya, bagi anda yang pakai paket terbatas, memonitor penggunaan data sangatlah penting agar tidak kehabisan kuota internet secara tiba-tiba. OS android sudah menyediakannya, caranya cukup masuk menu setting lalu pilih data usage, nantinya akan terlihat informasi penggunaan paket data anda.

6. Android Sebagai Memori External & Modem.

Butuh USB Flashdisk untuk menyimpan data atau memindahkan dari satu komputer ke komputer lain? hp/tablet android anda bisa jadi penolong! Yang anda butuhkan hanya kabel USB, cukup sambungkan ke komputer, akan muncul 3 pilihan pada ayar android anda, lalu klik pilihan “data usage”. Android sebagai modem? Lakukan cara yang sama.

7. Mengambil Gambar Saat Merekam video.

Terkadang ketika kita merekam video akan ada momen, dimana anda menginkan memotret foto gambar rekaman tersebut, tidak perlu repot ganti mode ke kamera dan baru menjepretnya, ketika perekaman berlangsung, cukup tekan layar hp/tablet android Anda dan kemudian ia akan menyimpan cuplikan [ada saat tersebut sebagai foto pada galeri anda.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage