7 keuntungan gemar memasak dirumah selama bulan ramadhan

Posting Ini Di Submit Oleh: Fedian Kharisma – Juli 2014

7 keuntungan gemar memasak dirumah selama bulan ramadhan — Memasak bagi sebagian orang mungkin dianggap sepele. Namun jangan terlalu menganggap sepele segala hal seperti halnya memasak. Memasuki dapur rumah dan mulai mencium bau rempah-rempah atau palawija, melihat peralatan dalam proses pengolahan bahan makanan baik masakan goreng/sangrai/tumis, kukus/rebus,maupun panggang/bakar itu adalah hal wajar dan lazim.

Memasak untuk zaman sekarang tidak identik lagi dengan aktivitas yang semutlak mungkin milik wanita. Banyak pria yang menjadi chef-chef terkenal di restoran dan hotel ternama. Bulan ramadhan identik dengan rasa capek, malas, ingin segala sesuatu yang praktis mulai dari menyiapkan kue lebaran maupun urusan saat berbuka puasa dan sahur.

Namun tidak anda sadar kebiasaan yang anda lakukan tanpa pikir panjang tersebut ternyata dapat melumpuhkan kemampuan lebih anda yang sadar terus diasah akan melahirkan keterampilan unik. Bila anda masih memegang teguh idealis serba praktis adakala mulai menghindar perlahan tapi pasti karena itu merupakan tradisi yang negatif dan anda harus mulai memupuk tradisi positif yang baru ketika bulan ramadhan dan dimulai dari sekarang.

Berikut keuntungan yang anda peroleh bila anda memasak ala anda ketika bulan ramadhan, yaitu:

1. Timbul rasa percaya diri

Mencintai diri anda seutuhnya akan memantapkan segala perilaku anda dalam beraktivitas. Anda akan merasa bangga terhadap kesuksesan kecil yang anda yakini dan lakukan sendiri dengan sepenuh hati bisa menumbuhkan percaya diri anda ketika bergaul atau bersosialisasi dengan keluarga, tetangga, kerabat, sahabat karena anda telah bersumbangsih dalam kehidupan di dunia. Hal kecil yang anda terima dapat berdampak luar biasa dalam kecakapan dan berinteraksi dengan manusia lain. Sharing sesama pecinta kuliner dan pecinta kegiatan dapur menambah nilai plus dalam diri anda.

2. Menumbuhkan budaya membaca

Tips lover membaca itu penting banget dalam mengawali kehidupan dunia ini. Pengaruh dari penulis dari bacaan yang anda baca berdampak sistemik dan berulang dalam pergaulan hidup anda. Membaca itu membuka jendela ilmu seluas-luasnya dipikiran kita. Semakin banyak anda membaca semakin anda percaya diri dalam bergaul. Memasak demikian pula karena jangan dikira bermodal nekat tekad bulat tanpa syarat yang kemungkinan hasilnya tidak akan akurat semua butuh proses yang tidak cepat karena kita perlu meluruskan niat agar tidak asal-asalan dalam berbuat.

3. Olahraga dan olahpikir saling melengkapi

Mari kita cek anggota tubuh kita mulaiujung rambut sampai ujung kaki. Tanpa disadari dalam aktivitas memasak kita telah menggerak beberapa anggota tubuh kita sewajar mungkin. Gerakan mengangkat, menoleh kiri kanan, berjalan, jongkok dan berdiri lagi, menunduk dan hal kecil lainnya yang spontanitas. Sejalan dengan itu bila dibarengi dengan pikiran sehat kita semakin nyatalah aktivitas tersebut. Pikiran menempatkan diri dalam upaya meringankan tugas dalam aktivitas. Selama raga kita bergerak dengan sempurna dengan itu pula pikiran masih melekat sebagai pengontrol.

4. Mendapat pujian

Butuh atau tidak butuh, bangga atau biasa saja, itu mungkin adalah nilai tersendiri dalam kehidupan manusia bila menghadapi pujian dari orang lain, tapi yakinlah penilaian orang bukan obyektif atau melihat dari hasil yang dicapai namun subyektif atau lebih melihat proses mencapai yang menjadi keberhasilannya. Pujian adalah media bagi manusia mengembangkan dan mengontrol setiap aktivitasnya agar tetap berjalan sesuai kehendaknya. Pujian keluarga menjadikan kita kuat dalam segala medan cobaan.

5. Banyak ilmu banyak teman, banyak teman banyak rezeki

Ketika anda sedang asyik sibuk dengan kegiatan anda dan pada puncak kebingungan siapa yang akan anda libatkan dalam kesibukan anda? Keluarga? Betul. Tapi berlaku saat berada masih membujang. Ketika anda telah berkeluarga dan jauh dari orang tua, siapa yang akan anda ajak sharing? Ya betul, tetangga. Dan faktanya ternyata sebuah keluarga yang bahagia tidak hanya terletak dalam hubungan suami dengan istri, hubungan suami/istri dengan mertua, yang tidak kalah penting yaitu hubungan kita dengan tetangga-tetangga kita. Pertolongan pertama datang dari tetangga. Saat anda berilmu dalam bidang masak-memasak atau kuliner menjadikan tetangga mudah bertamu kerumah anda hanya sekedar bertanya tentang salah satu resep masakan. Dan yakinlah pasti saat dibingung mulai darimana memasak bahan makanan akan dibawa kerumah anda untuk membantunya memasak dan anda akan kecipratan (baca:kebagian) masakan tersebut. Lumayan buat buka puasa dan gratis. Dan yakinlah masih banyak rezeki lain yang akan anda dapatkan. Amin.

6. Hemat

Memasak bisa menjadi andalan bagi keluarga karena dapat menghemat pengeluaran terutama saat bulan suci ramadhan. Bagi keluarga yang gemar makan makanan lengkap alias ada nasi, lauk ,sayur, buah, dan kolak atau es buah pasti akan dibeli semua. Hal tersebut akan sangat menyiksa kantong kita. Namun hal tersebut dapat disiasati dengan memasak dirumah. Anda yang sebagai karyawan/karyawati bila tidak sempat memasak hal tersebut dapat disiasati dengan membuat jadwal aktivitas anda dalam sehari. Mulai bekerja sampai pulang kerja. Waktu pulang kerja yang mendekati waktu maghrib bukan alasan tidak memasak, karena apa? Nasi sekarang dapat dimasak di rice cooker, memasaknya pun dapat dilakukan di pagi hari menjelang berangkat kerja. Selain itu sediakan seperti telur, mie instan, tahu, tempe yang ada di kulkas dapat diolah dan ciptakanlah kreasi-kreasi makanan dari bahan-bahan tersebut.

7. Bisa jadi bisnis kecil-kecilan

Karena sejatinya manusia itu hidup berprinsip pengeluaran sedikit tapi hasilnya berlimpah. Kepintaran anda dalam mengolah bahan makanan menjadikan anda kreatif dalam memanfaatkan peluang bisnis. Kehidupan ini menuntut manusianya bersikap kreatif dan peduli terhadap persaingan globalisasi. Manfaatkan kepintaran anda dalam bidang kuliner dalam membuat masakan, kue, atau jajanan.

Semoga anda dapat menjadikan diri anda manusia yang dapat bermanfaat dari orang lain dan tips di atas adalah bagian terkecil dari pemecahan dari masalah kehidupan anda di dunia ini yang akan mengubah kebiasaan negatif yang telah menjadi tradisi di hidup anda. Mulailah dari hal terkecil karena dari hal terkecil akan memperoleh kebaikan yang tidak anda duga.

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage