6 Tips Aman Berbelanja Online

Posted By Lazada Blog Contest Finalist: Muhammad Rizal On 19 March 2014

6 Tips Aman Berbelanja Online — Fenomena meledaknya jumlah toko online yang terjadi saat ini memang bukan menjadi berita baru lagi, seiring meningkatkan pengguna internet di Indonesia, menjual dan memasarkan barang dagangan secara online menjadi salah satu opsi baru yang mudah, cara ini pula bisa dibilang ampuh karena menargetkan ke pasar yang lebih luas lagi ke seluruh wilayah Indonesia.

belanja online aman di lazada indonesia

Sayangnya fenomena perkembangan dunia internet ini masih saja dipenuhi dengan aksi cyber crime yang dalam hal ini bisa kita sebut sebagai penipuan online. Penipuan online sendiri dilakukan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan hanya ingin mendapatkan keuntungan dari perkembangan internet yang kini sedang berkembang pesat. Agar kita tidak menjadi salahsatu korban cyber crime, sebagai pembeli kita juga mesti pintar-pintar dalam bertransaksi online, untuk itu diperlukan adanya ketelitian mengenai produk yang akan dibeli dan toko online yang akan dikunjungi.

Nah, dalam artikel ini sudah disediakan 5 tips agar aman dalam melakukan transaksi belanja online ;

1. Toko Online Apa yang Anda Kunjungi?

Coba perhatikan baik-baik, salah satu kriteria toko online yang bisa dipercaya ialah yang menggunakan nama domain yang profesional  seperti misalnya www.lazada.co.id. Jika anda menemukan toko online seperti tokoonline.blogspot.com atau tokoonline.wordpress.com, sebaiknya hati-hati. karena toko online yang punya niat menjual produk secara online tidak akan menggunakan domain seperti ini, tapi akan membeli domain atau hosting yang membuatnya tampak profesional.

2. Perhatikan Kontak Yang Bisa Dihubungi

Ketika anda mengunjungi sebuah toko online, cobalah perhatikan apakah kontak yang mereka punya lengkap dan bisa dihubungi setiap saat? kalau tidak ada kontak yang jelas dan tidak dapat dihubungi sebaiknya berhati-hati.

3. Sistem pembayaran seperti apa yang mereka gunakan?

Ini juga penting untuk anda tahu, toko online yang sebenarnya akan memberikan sistem pembayaran yang mudah dan tidak berbelit. jika memungkinkan carilah toko online yang menyediakan sistem COD, seperti lazada.co.id misalnya. *COD: Cash On Delivery – sistem bayar dirumah ketika barang sampai

4. Besar & Terpercaya

Toko Online yang besar dan bisa dipercaya biasanya memiliki banyak testimoni dari para pembelinya, nah untuk mendapatkan atau melihat testimoni tersebut, coba kunjungi fanspage atau halaman testimoni (jika ada), karena biasanya disana akan terdapat berbagai macam testimoni dari pelanggan yang sudah berbelanja.

5. Fasilitas Uang Kembali

Pastikan ada fasilitas pengembalian barang jika barang tersebut sampai ke rumah anda dalam keadaan tidak utuh atau rusak.

6. Alamat Jelas

Perhatikan apakah alamat penyedia atau pemilik toko online jelas, anda perlu mengetahui ini karena toko online yang sebenarnya akan memberikan alamatnya dengan jelas agar dipercaya orang banyak.

stamp--Blog--Finalist-02


BLOG-Banner--300x250--2nd

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage