6 Alasan Untuk Tidak Jailbreak iPhone, iPod & iPad Terbaru Kamu!

6 Alasan Untuk Tidak Jailbreak iPhone, iPod & iPad Terbaru Kamu! — Bila kita melihat beberapa minggu silam, sekelompok pengembang aplikasi jailbreak iPhone dengan sebutan evad3rs, merilis sebuah sistem aplikasi jailbreak bernama evasi0n yaitu jailbreak untuk iPhone, iPad & iPad pada iOS 6.1. Berita ini merupkan berita gembira yang telah ditunggu-tunggu para penggemar jailbreak 6.1 yang berarti jailbreak ini dapat berjalan pada perangkat Apple terbaru iPhone 5, iPad 4th Generation maupun iPad mini, yang pastinya Evasi0n juga dapat digunakan pada device Apple yang lebih tua seperti iPhone 4, 4s dan begitu juga untuk 3GS asalkan perangkat tersebut telah upgrade ke iOS 6.1.

jailbreak Apple iphone 5 terbaru

Memang betul ada masanya kita sangat bergembira saat memiliki perangkat Apple dan jailbreak untuk versi terbaru telah keluar, tetapi setelah beberapa kali memakai perangkat Apple, akan muncul beberapa pertimbangan untuk tidak men-jailbreak iPhone, inilah beberapa alasan tidak perlu untuk menjailbreak iPhone Anda.

Garansi

Jailbreak adalah perlakuan pada prangkat iPhone yang pastinya tidak legal samasekali, dan Apple juga menggapi keras mengenai jailbreka ini dengan mengklaim jailbreak akan membuat garansi perangkat Apple Anda. Apple menyatakan

“Apple memperingatkan untuk melawan segala usaha untuk meretas (Hack) OS iPhone, dan untuk dicatat bahwa segala modifikasi yang bukan upgrade dari Apple adalah sebuah pelanggaran kepada lisensi persetujuan iPhone, dan hal ini akan mencegah/penolakan terhadap servis pada iPhone, iPad dan iPod yang telah terinstal software yang tidak memiliki izin resmi”

Tetapi kita tetap dapat mengakali penolakan terhadap garansi ini dengan me-restore kembali iPhone jailbreak kita ke OS standar sebelum berangkat untuk meng-klaim garansi bisa kerusakan terjadi saat kerusakan terjadi pada iPhone, tetapi cara ini tidak selalu dapat diandalkan, karena tiap Apple retail memiliki seorang ahli servis yang biasa disebut Apple dengan “Genius Bar” yang akan meneliti dan berkonsultasi pada Anda apa yang terjadi sampai terjadi kerusakan pada iPhone Anda, dimana kemungkinan besar sang Genius Bar ini akan menolak untuk membantu servis perangkat Anda bila ia tahu perangkat Anda telah jailbroken.

Stabilitas

iPhone umumnya menjadi sebuah perangkat utama saat kita beraktifitas apapun seperti bermain, menikmati film bahkan bekerja, dan hal ini membutuhkan stabilitas performa yang sangat baik untuk dilakuakn dengan lancar. iPhone dengan jailbreak akan mengalami beberapa efek samping dari jailbreaking seperti “bugs” dan “crash” dan tidak ada yang bertanggung jawab atas bugs dan crash ini, tentunya hal ini tidak mungkin terjadi bila Anda memakai OS orisinil dari para pengembang OS Apple iOS.

Daya Tahan Baterai

Pada iPhone 5 terbaru tanpa jailbreak pun telah lebih boros dibanding iPhone sebelumnya, dan bayaangkan saja dengan OS jailbreak serta berbagai crash dan bugs didalamnya Anda akan menghabiskan lebih banyak lagi daya baterai untuk perangkat Apple Anda tersebut.

Kemanan/Sekuritas

Jailbreak iPhone berarti membiarkan diri Anda menjadi target yang sangat mudah untuk terjadi malware dan masalah kemanan lain timbul, hal ini seperti dikatakan sebelumnya disebabkan karena dengan jailbreak Anda membiarkan iPhone Anda menginstall aplikasi dari pihak yang tidak dapat bertanggung jawab dan tidak berhak melalui Cydia misalnya, dan hal ini dapat berbahaya bagi pengguna perangkat Apple.

Bricking

Tools jailbroken seperti evasi0n sangat mudah digunakan, tetapi juga mudah menjadi sebuah kesalahan dalam proses jailbreak tersebut dan kesalahan dalam proses ini disebut dengan “bricking”. Bricking adalah sebuah kondisi dimana iPhone Anda mati dan tidak dapat menyala samasekali, untuk memperbaikinya memang cukup mudah tetapi Anda akan diharuskan mepus se data didalam iPhone Anda untuk membuatnya berjalan seperti semula lagi.

jailbreak have Apple iphone 5 terbaru

Itulah beberapa alasa tidak jailbreak iPhone, iPod atau iPad Anda, bagaimana dengan kamu? ada sedikit trik mudah yang dapat Anda gunakan: bila Anda membutuhkan aplikasi berbayar, trik-nya adalah loginlah dengan Apple ID orang yang Anda kenal dan telah memiliki aplikasi berbayar tersebut, masuk ke Appstore dan install, tadaaa! Anda tidak perlu lagi membayar aplikasi tersebut.  Lagipula apa saja keuntungan jailbreak? tinah komentar dibawah. Jailbreak at your own risk! 🙂

Produk Apple Terlaris di lazada:

apple1

 

apple2

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage