5 Tips Menggapai Derajat Muttaqin Dalam Ramadhan

Artikel ini di Submit Pada 25/06/2015 Oleh Fadhli Muhammad

 

5 Tips Menggapai Derajat Muttaqin Dalam Ramadhan — Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh! Alhamdulillah adalah kata yang pantas diucapkan untuk senantiasa bersyukur karena kita telah berhasil menapaki bulan yang suci ini. Semoga keberkahan, kemuliaan dan pengampuan dosa dari Allah swt sepanjang Ramadhan ini menjadikan kita kembali fitrah. Bulan Ramadhan terkenal dengan hal-hal yang bersifat akhirat karena seluruh umat islam di muka bumi mendekatkan diri kepada Allah untuk menuju Al Falah (Kemenangan). Berkaitan dengan Ramadhan, saya ingin berbagi tips menggapai derajat muttaqin. Penasaran apa aja tipsnya? Langsung aja ke TKP.

 

  1. Berkata jujur disertai dengan hati qana’ah

Pada zaman modern saat ini, jujur merupakan sesuatu yang berat dilakukan apalagi dengan hati yang qana’ah. Tips dari saya agar kita dapat berperilaku jujur adalah dengan melakukan tindakan yang terkontrol. Maksudnya, kita harus yakin dan percaya bahwa segala tindakan atau aktivitas yang dilakukan di dunia ini, Allah swt dan malaikat pasti mengetahui.

 

  1. Selalu sabar dengan disertai syukur yang terus-menerus

Bulan Ramadhan identik dengan puasa. Puasa yang kita laksanakan di bulan ini pasti penuh tantangan,rintangan,hambatan,dan cobaan. Salah satunya adalah uji kesabaran. Dalam suatu hadits, Rasulullah saw bersabda, “Seorang muslim yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, maka akan ditingkatkan derajatnya yang semula orang-orang beriman menjadi orang-orang yang bertaqwa.” Hadits tersebut diperkuat dengan firman Allah Q.S. Al Baqarah ayat 183.

 

  1. Memperkuat rasa cinta karena Allah disertai dengan sifat malu karena-Nya

Kebanyakan umat islam berlomba-lomba dalam kebaikan di bulan yang penuh rahmat ini. Sayangnya, hanya sebutir debu manusia yang masih istiqomah setelah Ramadhan berakhir. Padahal Allah swt dan Rasulullah saw, sangat ingin umat islam tetap istiqomah dalam menyembah Allah swt. Rasulullah saw, sangat senang apabila umatnya membuktikan rasa cinta kepada Allah swt. Rasa cinta yang disertai rasa malu dan takut terhadap Allah swt semakin membuktikan bahwa Allah Yang Maha Esa Lagi Maha Kuasa.

 

  1. Ridha dengan kefakiran disertai dengan zuhud yang nyata

Seberapa istiqomah kita diuji dalam hal ini. Allah swt berfiman, yang artinakanya, “Wahai orang-orang fakir, berikanlah keridhaan kepada Allah dari hati kalian, niscaya kalian akan beruntung dengan mendapatkan pahala kefakiran kalian. Jika kalian tidak ridha, maka kalian tidak akan beruntung.”

Maka lakukanlah hal-hal positif yang diridhai Allah swt di bulan Ramadhan ini, karena setiap kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah swt.

 

  1. Ilmu yang bermanfaat disertai amal yang tak pernah terhenti

Seorang ahli balaghah berkata: “Sebaik-baik karunia adalah akal dan seburuk-buruk musibah adalah kebodohan.”

 

Mari kita tuntut ilmu setinggi mungkin dan amalkanlah kepada orang yang membutuhkan. Karena ilmu yang bermanfaat merupakan suatu amalan dunia yang tak akan terhenti meski kita telah terkubur di dalam tanah yang diatasnya tertancapkan batu nisan bertuliskan almarhum atau almarhumah, serta dipulangkan kepangkuan Allah swt dengan sebutan innalillahi wainna ilaihi raji’un.

 

Itulah beberapa tips agar kita bisa menggapai derajat muttaqin, semoga bermanfaat untuk yang membacanya. Jika ada kesalahan dimohon koreksi dan sarannya.

 

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1436 H.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Lazada blog finalist

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage