5 Tips Memilih Sepatu Gunung Bagi Pemula

5 Tips Memilih Sepatu Gunung Bagi Pemula — Saat ini banyak orang yang melakukan aktifitas naik gunung sekedar untuk melepaskan stress akan banyaknya deadline pekerjaan. Antusias naik gunung yang sangat tinggi ini membuat para pemula juga ingin naik gunung dengan nyaman.

 

foto sepatu gunung (1)

 

Koleksi Sepatu Boots Pria di Lazada | Beli Sekarang

 

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah kekuatan dan kenyamanan kaki, karena kaki yang menopang berat badan dan barang-barang yang dibawa. Kalau kamu salah memakai alas kaki atau sepatu saat mendaki, hal ini akan meningkatkan resiko cedera pada kaki yang akan menghambat pendakian pertama kamu.  Oleh karena itu, berikut 5 tips memilih sepatu gunung bagi pemula.

 

1. Ketahui Jenis Sepatu Gunung

Tahukah kamu? Sepatu gunung itu ada yang berleher pendek (di bawah kaki) dan yang berleher panjang (di atas kaki). Untuk kamu yang akan menaiki gunung dengan medan yang tidak terlalu terjal dan relative mudah, kamu bisa menggunakan sepatu gunung dengan leher pendek.

foto sepatu gunung tinggi

Berbeda dengan sepatu gunung berleher pendek, sepatu gunung berleher panjang digunakan untuk pendakian yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan medan yang berat.

 

2. Kenyamanan & Kualitas Sepatu Gunung

Supaya pendakian kamu lancer dan jauh dari cedera, kamu harus memperhatikan kenyamanan dan kualitas sepatu gunung yang akan kamu pilih. Sepatu gunung yang baik itu dilengkapi dengan bantalan agar pergelangan kaki kamu terhindar dari cidera dan resiko lecet.

 

sepatu gunung yang nyaman (1)
 

Bahan sepatu gunung yang bagus adalah terbuat dari kulit sintesis, karena memiliki ketahanan yang cukup lama.Berbeda dengan bahan kanvas yang ringan, bahan kanvas lebih cepat rusak. Jangan lupa pilih sepatu berbahan waterproof dan cap goretex agar sepatu kamutidak basah ketika terkena air. Pilih juga sepatu gunung dengan sol yang berpunggung lebih tinggi agar memudahkan pendakian kamu.

 

3. Pilih Sepatu Gunung dengan Sirkulasi Udara

Sebuah keharusan bahwa sepatu gunung harus memiliki sirkulasi udara yang baik, hal ini bertujuan agar kaki kamu tetap terasa nyaman.

sepatu gunung berventilasi udara (1)

Uap keringat kaki yang keluar saat pendakian dapat mudah keluar dari sepatu dan akan berganti dengan udara yang baru, hal ini akan membuat kaki kamu terhindar dari munculnya jamur dan bakteri.

 

4. Pakai Kaos Kaki Berbahan Wool

Mengapa kaos kaki sangat penting untuk pendakian pertama kamu? Karen kaos kaki akan menyerap keringat yang keluar dari kaki dan menghindari resiko lecet.

kaos kaki bahan wol (1)

Pilih kaos kaki berbahan wool yang tebal, karena wool mampu melakukan sirkulasi udara yang lebih baik yang akan membuat kamu nyaman saat pendakian. Pakailah 2 pasang kaos kaki saat mendaki agar kaki kamu tidak lecet dan tetap hangat.

 

5. Pilih Ukuran Sepatu yang Lebih Besar

Untuk kamu yang akan naik gunung untuk pertama kali, kamu harus memilih sepatu yang lebih besar. JIka kamu memakai sepatu dengan ukuran 39 untuk ke kantor, sebaiknya kamu memilih sepatu gunung ukuran 41 ketika akan naik  gunung.

alat ukur telapak kaki untuk sepatu (1)

Mengapa? Karena hal ini bertujuan untuk menghindari luka di kaki dan memudahkan kamu untuk memakai kaos kaki yang lebih tebal agar kaki kamu tetap hangat.

 

Nah, sudah siap untuk melakukan pendakian pertama kamu? Kamu bisa membeli sepatu gunung di Lazada.coid dengan berbagai macam penawaran menarik dan proses belanja yang nggak ribet! Have a nice trip!

About the Author

Septi Riyani Maulida ; Lazada Indonesia

PROMOTION

homepage