5 Klenteng Terkenal di Indonesia – Tujuan Wisata Tahun Baru Cina

5 Daftar Klenteng Terkenal di Indonesia — Bagi anda yang belum pernah mengunjungi kelenteng-kelenteng cantik yang ada di Indonesia, anda harus mencoba mengunjungi beberapa kelenteng yang terkenal di Indonesia. Tak hanya bisa berwisata religi bagi anda yang merayakan tahun baru cina, anda juga bisa melihat keindahan masing kelenteng dengan mengabadikannya di kamera anda. Masing-masing kelenteng yang tersebar di Indonesia mempunyai keunikan masing-masing namun tetap memiliki nuansa khas Tionghoa.

 

wisata klenteng indonesia (1)

(Baca juga: Makna dan Sejarah Tahun Baru China di Indonesia)

 

Terlebih lagi pada saat perayaan Imlek, banyak kelenteng yang memberi berbagai macam pertunjukan khas Imlek seperti pertunjukan barongsai dan masih banyak lagi. Selain itu anda bisa melihat keindahan kelenteng dengan hiasan lampion-lampion berbagai ukuran dan lilin-lilin besar. Indah bukan? Nah, berikut informasi mengenai kelenteng-kelenteng terkenal yang ada di Indonesia! Here we go!

 

1. Klenteng Jin De Yuan, Jakarta

Bagi anda tidak memiliki banyak waktu dan ingin memanfaatkan libur Imlek di sekitaran Jakarta, anda bisa mengunjungi salah satu kelenteng terkenal di daerah Glodok, Jakarta Barat.  Kleenteng ini didirikan pada tahun 1650 oleh seorang Letnan keturunan Tionghoa bernama Kwee Hoen. Perlu anda ketahui, Kelenteng Jin De Yuan berdekatan dengan dengan dua kelenteng lain yang berusia lebih muda.

 

klenteng jin de yuan jakarta wisata imlek (1)

 

Saat memasuki halaman Kelenteng Jin De Yuan anda akan melihat patung sepasang singa yang terbuat dari batu. Tak hanya itu, anda akan melihat relief burung pada dinding kelenteng yang pastinya memiliki makna. Selain itu, ketika usia Kelenteng Jin De Yuan ini hampir menginjak seabad, tepatnya pada 9 – 12 Oktober 1740, terjadi peristiwa pembantaian yang juga dikenal sebagai Tragedi Pembantaian Angke. Kelenteng Jin De Yuan pun ikut dirusak dan dibakar dalam peristiwa ini. Namun pada tahun 1755, kelenteng ini dipugar kembali oleh Kapitaein Oei Tjhie.

 

2. Kelenteng Kwan Sing Bio, Tuban, Jawa Timur

Bergeser ke Jawa Timur, terdapat kelenteng yang sangat indah bernama Kelenteng Kwan Sing Bio. Tak hanya menjdi kelenteng terindah yang ada di Indonesia, kelenteng ini juga merupakan kelenteng terbesar di Asia Tenggara dengan luas sekitar 4 hektar. Jika anda berada di Tuban, Jawa Timur, kelenteng Kwan Sing Bio ini berada di Jalan Raya R.E Martadinata.

 

kelenteng-Kwan-Sing-Bio-tuban-wisata-imlek (1)

 

Perlu anda ketahui, kelenteng ini merupakan satu-satunya kelenteng yang menghadap ke laut. Tak seperti kelenteng laiinya yang bersimbol naga di pintu masuknya, Kelenteng Kwan Sing Bio mempunyai symbol kepiting.  Kelenteng ini menjadi tempat ibadah untuk penganut Tri Dharma, yakni Budha, Konghucu, dan Tao. Sedangkan dewa yang utama yang dipuja kelenteng ini adalah Dewa Kwan Kong. Jika anda mengunjungi kelenteng ini, anda akan melihat Taman Dua Naga, Bangunan Sembilan Gada Suci, dan relief yang berkisah tentang Legenda Delapan Dewa.

 

3. Kelenteng Hok Tiek Hian, Surabaya

Masih di Jawa Timur, kali ini mengenai Kelenteng yang ada di Surabaya. Kelenteng ini bernama Hok Tek Hian yang merupakan kelenteng tertua di Surabaya.

 

klenteng-dukuh-wisata-imlek (1)

 

Kelenteng ini dibangun pada awal jaman Majapahit oleh Kaisar Ku Bhi Lai Khan. Anda bisa menemui kelenteng Hok Tek Hian berlokasi di jalan Dukuh, Surabaya, sehingga kelenteng ini disebut juga kelenteng Dukuh. Anda akan menemui dua bangunan berbeda yang dihubungkan oleh jembatan yang dijaga dua ekor naga. Tak hanya itu, saat anda mengunjungi kelenteng Hok Tek Hian ini, anda akan disuguhi pertunjukan wayang potehi.

 

4. Kelenteng Xian Ma, Makassar

Sekarang kita keluar pulau Jawa dulu ya. Salah satu kota yang memiliki Kelenteng terkenal adalah Makassar. Anda dapat menjumpai kelenteng Xian Ma yang berada di Jalan Sulawesi No. 112. Anda Akan melihat sebuah bangunan 6 lantai yang memiliki arsitektur dengan nuansa Tionghoa. Anda akan dibuat takjub dengan setiap lantai yang memiliki dewa utama masing-masing.

 

Klenteng-Xian-Ma-makasar-wisata-imlek (1)

 

Kelenteng ini berdiri sejak tahun 1864 dan sering dijuluki sebagai Istana Naga Sakti. Jika anda berkunjung ke kelenteng Xian Ma ini, anda akan menemui Patung Namo Maitreya.Selain itu, di kelenteng ini ada empat patung Raja Langit dari empat penjuru mata angina dan masih banyak ratusan patung dewa-dewi. Tak hanya itu, anda juga dapat memperoleh ilmu mengenai perjalanan Budha pada relief kelenteng.

 

5. Kelenteng Tri Dharma Chandra Nadi, Palembang

Kelenteng terakhir yang akan dibahas adalah Kelenteng Tri Dharma Chandra Nadi yang terletak di Palembang, tepatnya di Jalan Perikanan, 10 Ulu. Kelenteng ini dibangun pada tahun 1733 sebagai pengganti Kelenteng yang telah terbakar di Kampung 7 Ulu. Sedangkan di Kampung 10 Ulu, terdapat makam Ju Sin Kong, yakni seorang panglima asal Palembang keturunan Tionghoa.

 

kelenteng-chandra-nadi (1)

 

Sebelum dijadikan Kelenteng, banyak orang yang berziarah ke tempat ini untuk meminta kesembuhan dan rezeki. Jika anda berkunjung ke Kelenteng ini, anda akan menjumapai Dewi Kwan Im, altar Buddha Gautama / Sakyamoni Buddha, Dewi pelindung dharma, dan masih banyak lagi. Akan lebih seru lagi ketika anda mengunjungi Kelenteng Tri Dharma Chandra Nadi saat Imlek, karena kelenteng akan dihiasi dengan ornament khas imlek.

 

Nah, itu dia 5 daftar kelenteng yang terkenal di Indonesia. Anda tidak akan hanya mendapatkan ilmu religi, tetapi anda juga bisa melihat salah satu keindahan kebudayaan Indonesia, yakni Kelenteng, tempat suci bagi mayarakat Tionghoa. Selain itu, ada pula pertunjukan-pertunjukan yang menyemarakkan suasana. Jangan lupa juga untuk mengabadikannya ya!

About the Author

Septi Riyani Maulida ; Lazada Indonesia

PROMOTION

homepage