5 Hikmah/Manfaat Tidur Ketika Puasa

5 Hikmah/Manfaat Tidur Ketika Puasa —┬áTidur ternyata memiliki banyak manfaat di bulan puasa ini. Bagi Anda yang tidak terbiasa tidur siang, ada baiknya mulai membiasakan tidur untuk melengkapi ibadah puasa Anda. Anda dapat memberikan kesempatan tidur untuk tubuh Anda misalnya saat habis sholat Dzuhur.

puasa tidur

 

Tahukah Anda jika di bulan puasa tidur menjadi lebih bermanfaat dengan banyak manfaat yang didapatkan dengan hanya tidur. Selain tubuh menjadi segar, juga kita akan mendapatkan amal serta pahala di dalamnya. Beikut manfaat tidur di bulan ramadhan yang harus Anda ketahui, agar tidur kita menjadi lebih tenang dan nyaman.

1. Menghindari Maksiat

Berbuat maksiat tentu akan mengurangi bahkan membatalkan kesempurnaan puasa kita, sehingga sahur kita pada pagi hari menjadi sia-sia. Daripada tetap terjaga namun ada resiko untuk berbuat maksiat, lebih baik kita tidur agar terhindar dari hal-hal yang akan membatalkan puasa.

2. Terhindar Dari Rasa Lapar

Rasa lapar selain datang dari perut juga datang dari akal pikiran kita. Tentunya dengan tidur ditengah puasa dapat membuat perasaan lapar akan hilang sejenak dari pikiran.

3. Sumber Tenaga

Jika pada hari-hari biasa makanan dan minuman menjadi merupakan sumber tenaga, ketika bulan puasa, sumber ini hilang selama 14 jam. Dengan tidur sejenak pada siang hari, setidaknya kita dapat menjaga tenaga yang tersisa pada tubuh agar. Perasaan segar ketika bangun tidur akan membentuk semangat bekerja kembali.

4. Menenangkan Pikiran

Tidur tidak hanya istirahat bagi tubuh namun juga istirahat bagi pikiran kita. Dengan melaksanakan sedikit tidur, pikiran akan lebih tenang, sehingga lebih jernih dalam berfikir meski dalam kondisi berpuasa.
5. Tidur Menjadi Ibadah

Tidur saat puasa akan di jadikan sebagai ibadah oleh Allah SWT jika tidurnya tidak berlebihan. Betapa indahnya Ramadhan penuh berkah ini sampai-sampai tidur saja merupakan salah satu ladang pahala untuk umat Muslim,

Namun perlu diingat, tidur ketika puasa jangan sampai berlebihan dan tentu dengan perasaan ikhlah dan niat beribadah. Tentunya tidur pada bulan puasa ini dilakukan tanpa mengharap pamrih maupun dijadikan alasan untuk bermalas-malasan sepanjang hari ketika berpuasa, jika begitu maka ibadah ini akan sia-sia belaka.


PROMOTION

homepage