5 Bahan Makanan Untuk Kontrol Kolesterol Anda Selama Bulan Puasa

5 Bahan Makanan Untuk Kontrol Kolesterol Anda Selama Bulan Puasa — Banyak yang mengandalkan bulan puasa sebagai momen untuk menurunkan berat badan. Namun sayang, justru selama puasa kita justru sering “kalap” ketika berbuka atau sahur, terlebih ketika hari lebaran tiba.

puasa sehat lazada indonesia

Berpuasa menahan lapar dan haus seharian seringkali membuat kita melampiaskan makan terlalu banyak ketika berbuka atau makan malam. Kebiasaan buruk ini membuat kita seringkali mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi ditambah lagi bila setelah berbuka atau sahur kita langsung tidur, sungguh tidak sehat bagi jantung.

Betapa nikmat bila kita dapat berpuasa seharian, berbuka secukupnya namun kandungan kolesterol tetap terjaga, tidak berlebihan. Untuk itu itu Anda perlu mengkonsumsi menu berbuka puasa dan sahur yang dapat meng-kontrol kolesterol, apa saja sih? Yuk kita simak bersama kutipan yang diambil dari food.detik.com ini.

Bayam

Selain mengandung zat besi, bayam juga mengandung lutein. Jika dikonsumsi setiap hari dipercaya dapat mencegah serangan jantung dengan membantu dinding arteri mengahalangi jalannya kolesterol jahat yang bisa menyebabkan penyumbatan.

Bawang Putih

Sejak jaman Mesir Kuno, bawang putih diketahui kaya nutrisi. Menurut sebuah penelitian, bawang putih dapat membantu menghentikan plak untuk mencegah menempelnya lemak jahat atau kolesterol di dinding arteri. Bawang putih juga bisa mencegah pembekaun darah dan menurunkan tekanan darah.

Kunyit

Komponen aktif yang ada di dalam kunyit berperan penting dalam mencegah penumpukan plak lemak jahat. Sedangkan zat circuminnya merupakan antioksidan yang bertundak untuk melawan radikal bebas dan mencegah oksidasi LDL (lemak jahat).

Brokoli

Kandungan serat dalam brokoli bisa membantu mengeluarkan kadar asama pada empedu. Saat asam empedu meningkat, maka kadar kolesterol dalam tubuh akan menurun. Karena itulah, brokoli diyakini dapat menjaga kesehatan jantung.

Teh Hijau

Minuman pokok warga Asia Timur ini dapat mengeluarkan lemak jahat di tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang rutin minum the hijau dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 2-5%. kadar flavonoid di dalamnya yang berperan dalam mencegah oksidasi kolesterol LDL.


PROMOTION

homepage