3 Tips Memanfaatkan Waktu dengan Baik Selama Puasa

Posting Ini Di Submit Oleh: Ramlan Setiawan – Kamis, 3 Juli 2014

3 Tips Memanfaatkan Waktu dengan Baik Selama Puasa — Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua ummat Islam sedunia. Bulan yang sakral ini memiliki berbagai macam nama. Diantaranya ; bulan penuh ampunan, bulan berlipat gandanya pahala, bulan penuh berkah, bulan yang suci dan lain sebagainya. Di bulan ini, semua orang berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Mereka menyambut bulan ramadhan dengan penuh suka cita.

lazada

Akan tetapi, godaan selama puasa pun terbilang cukup berat bagi sebagian orang. Apalagi, bagi mereka yang harus tetap beraktivitas selama puasa. Pasti akan sangat terasa godaannya. Rasa haus, lapar, jenuh, malas dan kantuk akan menjadi musuh utama. Pun mengendalikan emosi dan hawa nafsu merupakan hal tersulit. Namun perlu diingat, jangan jadikan puasa sebagai alasan.

Biasanya, jika orang sudah dikalahkan oleh godaan yang disebut diatas, waktu yang dipunyai tidak akan ada kebermanfaatannya. Nah, hal itu pasti tidak membuat anda nyaman bukan? Dan tentunya anda akan merugi.
Agar anda tidak menyia-nyiakan bulan yang sakral ini, sudah seharusnya anda dapat memanfaatkan waktu yang anda punya dengan sebaik mungkin. Lantas, bagaimana sih cara memanfaatkan waktu dengan baik selama puasa? Yuk disimak ulasan berikut ini.

Seperti pepatah mengatakan, “waktu adalah uang”. Itu menandakan bahwa saking berharganya waktu yang kita punyai. Sehingga kita harus dapat memanfaatkannya sebaik mungkin dengan aktivitas yang positif. Berhubung masih dalam suasana ramadhan, penulis akan mencoba berbagi 3 tips saja dalam memanfaatkan waktu dengan baik selama puasa. Diantaranya adalah :

 

1. Pasanglah alarm kegiatan anda (set your activities’ alarm as well as possible)

Jika anda adalah orang yang super sibuk, memasang alarm kegiatan di jam-jam tertentu sangatlah bermanfaat bagi anda untuk pengaturan waktu. Namun sebelumnya, anda harus mencatat terlebih dahulu di buku memo harian anda tentang aktivitas apa saja yang akan anda lakukan dalam sehari beserta jamnya. Hal ini bertujuan agar anda dapat tertata dalam melakukan kegiatan tanpa berbenturan dengan aktivitas lain. Sehingga, semua aktivitas yang anda agendakan dapat terlaksana dengan baik. Anda tertarik? Silakan anda dapat menerapkannya mulai dari sekarang.

2. Lakukanlah kegiatan yang positif (Do the good activities as many as possible)

Mendapatkan pahala yang berlimpah selama ramadhan sudah pasti menjadi harapan semua orang. Nah, ini sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki aktivitas padat dalam keseharian. Agar hari-hari, jam, menit dan detik yang anda punya menjadi lebih manfaat, lakukanlah kegiatan yang positif. Di suasana ramadhan ini, banyak sekali sebenarnya aktivitas positif yang dapat anda lakukan. Salah satunya adalah tadarus Al-qur’an. Dengan anda melakukan tadarus al-qur’an secara rutin, insya Allah akan banyak sekali hikmah yang anda dapatkan. Hati anda akan terasa tentram dan pahala yang anda dapat pun insya Allah akan berlipat ganda. Aamiin. Dan yang hebatnya lagi, anda memiliki keleluasaan dalam tadarus ketimbang mereka yang memiliki seabrek kegiatan yang padat. Sehingga, waktu anda sangat berpeluang untuk mendapatkan pahala yang berlimpah. Maka, manfaatkanlah hal ini dengan sebaik mungkin. Isilah waktu anda itu dengan aktivitas yang dapat meningkatkan kualitas diri anda.

3. Istiqomahlah dengan apa yang anda yakini (Keep Istiqomah to what you believe)

Jika anda yakin bulan puasa adalah bulan yang tepat untuk mengumpulkan pahala, lakukanlah semua aktivitas yang anda punya atas dasar ibadah dan mengaharap ridho dari Nya. Lalu, beristiqomahlah dengan keyakinan itu agar anda dapat kontinyu dalam menjalankannya tanpa paksaan apapun.

Itulah 3 tips dari penulis dalam memanfaatkan waktu dengan baik selama puasa. Semoga dengan 3 tips tersebut, kita dapat meningkatkan kualitas diri kita. Kita dapat lebih menghargai waktu dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Tidak hanya saat bulan puasa, melainkan juga pada bulan lainnya. Marilah kita menjadi insan yang senantiasa selalu mengharapkan rodho-Nya di bulan yang suci ini. Semoga apa yang penulis paparkan secara singkat diatas dapat memberikan kebermanfaatan bagi anda semua selama bulan puasa ini. Terima kasih. (Ramlan).

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage