13 Fitur Unik Terbaru Yang Tersembunyi Pada iOS 7

15 Fitur Unik Terbaru Pada iOS 7 Yang Tersembunyi — Telah lama dinanti kehadirannya, akhirnya iOS 7 sekarang telah tersedia untuk dapat kita download. Kebanyakan dari kita tertegun dengan desain iOS 7 yang kini berubah drastis menjadi UI bertema flat-design dan pallet warna yang baru.

ios6 vs ios 7 lzada

Setelah beberapa hari menggunakan iPhone dengan iOS 7 dan mencari informasi mengenai iOS 7, kami menemukan beberapa detail fitur yang sangat  menarik — bahkan unik, yang sebelumnya tidak dimiliki oleh iOS 6. Mungkin beberapa fitur terbaru ini bahkan belum pernah Anda temukan sebelumnya pada iOS 7 Anda. Inilah fitur unik yang akan membuat Anda takjub dengan iOS 7 Anda.

 

1. Tombol Shutter Burst Mode di Aplikasi Kamera

Kini Anda dapat mengambil gambar dengan jumlah tidak terbatas (burst mode) dengan kecepatan hampir 2 foto per-stengah detik. Burst Mode ini cocok untuk Anda yang ingin memotret objek yang bergerak cepat seperti kegiatan olahraga.Caranya? Silahkan lihat video dibawah ini.

Note: Burst Mode ini sangat efektif digunakan pada iPhone 5 dan 5s, karena kamera akan mengambil gambar dengan sangat cepat. iPhone 4s masih bisa menggunakan burst mode namun kalah cepat dengan burst mode iPhone 5. Sayangnya bagi iPhone 4, walau sudah bisa memakai iOS 7, burst mode tidak dapat digunakan.

 

2. Facetime Audio Only

Melakukan video calling mungkin bukan kegiatan yang kita lakukan sering-sering, namun berbicara/telepon menggunakan koneksi internet adalah ide yang brilian! Itulah fitur terbaru dari facetime di iOS 7, lihat dibawah ini caranya.

facetime-audio

Ketika Anda masuk ke kontak yang ingin Anda hubungi, akan terlihat menu bertuliskan “Facetime” yang disebelah kanannya terlihat ikon kamera dan telepon. Untuk memulai Facetime audio cukup tekan tombol telepon. Sampai sekarang facetime audio hanya dapat dilakukan dengan Wi-Fi.

 

3. Ajari Siri Cara Mengeja Nama Kontak-mu dengan Benar

Selama ini ada yang kurang dari Siri, bukan hanya Siri bahkan semua applikasi Voice Control umumnya akan mengeja nama kontak Anda dengan ejaan yang salah. Namun kini di iOS 7 kita dapat mengajari Siri untuk mengeja nama dengan benar, bagaimana caranya?

siri-ios7-lazada

Anda cukup katakan kepada Siri: “”That’s not how you pronounce (nama kontak)”. Setelah itu siri akan memberi Anda tiga buah pilihan bagaimana ia harus mengeja nama dengan benar.

 

4. Banting Layar Kunci Hingga Memantul untuk Membuka Kamera

Fun is the key! fitur yang satu ini sebetulnya hanyalah untuk fun saja atau mungkin Anda bisa menunjukannya pada teman Anda betapa uniknya iOS 7. Jika biasanya Anda membuka kamera dengan hanya men-slide keatas saja layar lockscreen, kini cobalah:

Slide keatas (sekitar setengah saja) lockscreen Anda, tanpa melepas sentuhan, lakukan gerakan seperti memantulkan layar tersebut kebawah. Jika Anda memantulkannya cukup kuat makan akan ada efek pantulan (bounce) keatas dan aplikasi kamera iPhone Anda akan terbuka. Cool!

 

5. Memonitor internet data usage yang digunakan aplikasi Anda.

Bila Anda memakai paket internet dari provider dengan batasan data internetan yang terbatas, fitur yang satu ini akan sangat berguna. Anda dapat masuk ke menu Setting –> Cellular –> Swipe kebawah sampai menemukan “USE CELLULAR DATA FOR:”, Anda akan dapat memeriksa berapa jumlah data internet yang digunakan pada tiap aplikasi di iPhone Anda. Untuk me-reset cukup tekan “Reset Statistic”

 

6. Mematikan Efek Paralax pada Background

paralax

Salah satu keunggulan iOS 7 ialah memiliki background yang mengikuti arah kita menggengam iPhone. Namun, tidak semua orang suka hal tersebut termasuk saya. Cara mematikan efek paralax ini ialah Settings -> General ->Accessibility -> Reduce Motion dan switch ke ON.

 

7. Merubah Suara Siri Menjadi Suara Pria

iOS-7-Siri1-576x1024

Selama ini Siri memiliki suara seorang wanita, kini pada iOS 7 kita dapat merubah suara Siri menjadi pria. Caranya sangat simple: Settings -> General -> Siri -> Voice Gender.

 

8. Spotlight (searchbox) Lebih Mudah Di akses
Bila pada iOS 6 spotlight diakses dengan menggeser layar ke paling kiri sampai mentok, pada iOS 7 spotlight dapat diakses dari layar menu mana saja. Cukup tahan layar dan geser jari Anda kebawah maka spotlight akan turun dari bagian atas layar. jelasnya solahkan lihat video berikut.

spotlight-ios7-lazada

 

9. Swipe Ke Kiri Untuk Melihat Jam Pada text messages

Bila Anda memakai iMessage untuk chatting, maka pada layar chat Anda tidak akan melihat jam berapa tepatnya Anda mengirimkan atau mendapat tiap pesan. Cobalah tahan layar Anda dengan satu jari lalu geser kekiri sedikit, maka jam akan tampil seperti screenshoot dibawah ini. Nice!

timstamp in imessege

 

10. Zooming Saat Merekam Video

Melakukan zooming saat merekam video jelas tidak dapat dilakukan pada iOS 6. Kini ada iOS 7 Anda bisa melakukan zooming saat perekaman berlangsung dengan metode yang sama dengan menzooming ketika mengambil foto — pinch to zoom.

 

11. Geser Ke Kanan Untuk kembali Ke Menu Sebelumnya

Kini dengan iOS 7 Anda bisa melakukan “back”, dengan menggseser layar ke sebelah kanan. Cobalah trik ini pada browser atau menu Setting iOS 7 Anda.

Capture

 

12. Airdrop: Sharing Data Sesama iOS 7 (Hanya iPhone 5 keatas)

Bila Anda memakai iOS 7 pada iPhone 5 keatas, maka pada control center akan terdapat menu “airdrop”. Airdrop dapat digunakan untuk berbagi file, kontak, foto dan lain-lain sesama perangkat Apple lainnya.

 

13. Ringtone Terbaru

iOS 7 memiliki serentet ringtone yang baru, sehingga kini bunyitelepon masuk ke iPhone Anda akan lebih segar dan menyenangkan dari sebelumnya.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage