13 Alasan Mengapa Harus Membeli Lenovo A6000

Artikel ini disubmit oleh: Rahmat Hardiansya Pada 17 Maret 2015

Mendengar kabar kehadiran Lenovo A6000 ke Indonesia pada 19 Maret 2015 mendatang, saya langsung teringat dengan pengalaman pertama saya memiliki Lenovo A800. Lenovo A800 adalah smartphone pertama yang saya miliki dan hingga kini masih berfungsi.

Jika Lenovo A800 saja masih bertahan selama bertahun-tahun. Tentulah, A Series terbaru dari Lenovo ini jauh lebih unggul lagi. Dan terbukti, dari banyak review yang saya lihat di YouTube, hampir semua memberi catatan positif kepada Lenovo A6000. Selain harganya yang terjangkau, kelebihan fitur dan aplikasinya juga canggih.

Jika ada orang bisa jatuh cinta pada pandangan pertama, maka saya juga demikian. Saya langsung jatuh cinta kepada Lenovo A6000. Karena cintanya kepada produk baru ini, berikut 13 alasan yang harus Anda ketahui mengapa saya dan Anda harus membeli Lenovo A6000:

1. Sudah Mendukung Jaringan 4G LTE

Lenovo A6000 adalah smartphone yang sudah mendukung jaringan 2G, 3G dan 4G atau Long-Term Evolution (LTE). Bahkan kecepatan LTE-nya mencapai 150/50 Mbps, 150 Mbps untuk upload dan 50 Mbps untuk download. Itu artinya, Anda bisa berinternet dengan layanan super kencang.

Teknologi ini tentu saja sangat penting, mengingat telah banyak pula provider telekomunikasi di Indonesia yang menjual jaringan 4G. Jaringan 4G akan terus mengalami penambahan kapasitas dari waktu ke waktu, dan Lenovo A6000 telah mempersiapkan diri untuk itu.

2. Menggunakan Sistem Operasi Android KitKat V4.4.4

Lenovo A6000 telah menggunakan sistem operasi Android KitKat V4.4.4. Walau sekarang Google telah melansir Android Lolipop 5 namun KitKat adalah salah satu sistem operasi yang banyak disukai. Kelebihan KitKat adalah mampu melakukan perbaikan sistem penyimpanan sementara pada pengunaan memori.

Dimana dengan penyimpanan sementara itu, kinerja prosesor akan terminimalisir terhadap penyimpanan registry data sementara pada RAM. Dengan begitu data akan langsung di tampung oleh kapasitas memori internal yang tersedia, sehingga loading prosesor akan terasa lebih ringan. Inilah yang membuat Lenovo A6000 memiliki kecepatan loading yang baik.

3. Menggunakan Empat Processor Canggih

Tidak mau kalah dengan para pesaingnya, Lenovo A6000 juga menyematkan sebuah chipset yang berisi empat processor didalamnya. Chipset itu bernama Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan empat processor berkecepatan 1,2 GHz.

Teknologi 64-bit system on a chip (SoC) yang dimiliki Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 juga sudah digunakan oleh beberapa pabrikan ponsel terkemuka lainnya seperti Samsung dengan produk-produk teranyarnya. Chipset ini juga telah menyerupai prosesor A7 yang disematkan pada produk-produk Apple.

4. Menerapkan Sistem Dual SIM

Alasan ke empat mengapa harus membeli Lenovo A6000 adalah penggunaan Dual SIM. Dengan menggunakan dua SIM Card pada smartphone akan memudahkan kita membagi kapasitas. Satu untuk data dan satu lagi untuk kepentingan pribadi (telpon dan SMS).

Apalagi beberapa smartphone yang telah mendukung 4G sangat jarang menggunakan sistem Dual SIM. Padahal penggunaan Dual SIM cukup penting untuk fleksibilitas pengguna.

5. Memori Internal 8 GB, 1 GB RAM

Dengan kapasitan memori internal hingga 8 GB dan 1 GB RAM (Random Access Memory), akan memberi keleluasaan bagi pengguna memaksimalkan performa. Semakin tinggi memori internal akan semakin mudah melakukan penyimpanan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) untuk diproses.

Sementara RAM, merupakan jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama smartphone dihidupkan. Kapasitas 1 GB adalah jumlah yang besar, walau sudah ada beberapa smartphone yang telah menggunakan RAM 2 GB hingga 4 GB.

6. Mampu Menambah microSD Hingga 32 GB

Salah satu yang harus diperhatikan ketika hendak membeli smartphone adalah kapasitas upgrade memori eksternalnya. Lenovo A6000 sudah mendukung up memori hingga 32 GB. Jumlah ini cukup besar, walau beberapa produk Apple dan Samsung telah mampu hingga 64 GB.

7. Sound Menggunakan Dolby Digital Plus

Ini yang paling saya sukai. Lenovo A6000 sudah menggunakan Dolby Digital Plus. Bagi Anda yang sering nonton di bioskop mungkin tidak asing lagi dengan teknologi sound yang satu ini. Dengan dukungan Dolby, kita bisa menonton atau mendegar lagu di Lenovo A6000 dengan kapasitas suara sangat jernih. 

Penyematan Dolby pada Lenovo A6000 juga didukung oleh peletakan dua speaker dibagian belakang. Sensasi suara yang dihasilkan jauh lebih jernih dari produk serupa lainnya.

8. Kamera Depan-Belakang Yang Autofocus

Lenovo A6000 menggunakan dua kamera, yakni di depan dan belakang. Kamera belakang memiliki kapasitas 8 Mega Pixel (MP) 3264 x 2448 pixels dengan teknologi autofocus yang dapat mengambil gambar dengan sempurna. Kamera belakang juga dilengkapi LED flash.

Selain kamera belakang, Lenovo A6000 juga menempatkan kamera depan dengan kapasitas 2 MP. Kedua kamera yang disematkan itu memiliki fitur geo-tagging, touch focus dan face detection. Lenovo A6000 juga telah mendukung perekaman video.

9. Baterai Tahan Lama

Kapasitas baterai Lenovo A6000 terbilang tahan lama. Beberapa review yang ada di Youtube memberi catatan khusus kepada baterai Lenovo A6000. Dengan kapasitas 2300 mAH, baterai Lenovo A6000 akan tahan selama 264 jam dalam keadaan standby dengan jaringan 3G dan 13 jam jika sedang digunakan.

Jadi bagi Anda yang terbilang mobilitasnya tinggi, gadget ini cukup bisa diandalkan tanpa harus menenteng powerbank kemana-mana.

10. Browser Telah Mendukung HTML5

Era internet saat ini tidak lupa diperhatikan pula oleh Lenovo A6000. Produk A Series ini telah mendukung browser HTML5. Sehingga ketika melakukan browisng di internet akan terlihat sangat cepat dan interface. Tampilannya elegan dan mudah digunakan.  

11. Cocok Bagi Gamers

Jika Anda seorang gamers, maka Lenovo A6000 mampu mendukung hobby Anda. Dengan resolusi 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density), gambar yang ditampilkan saat bermain game bahkan dengan kapasitas tinggi sekalipun akan terlihat menarik dan kencang. Dengan dukungan sound dari Dolby tentu saja bermain game dengan Lenovo A6000 akan jauh lebih mengasyikkan.

12. Tampilan Elegan dan Ringan

Dengan warna dasar hitam, penampilan Lenovo A6000 terlihat begitu menawan. Layar selebar 5 inch juga merupakan ukuran yang proposional di tangan orang Indonesia. Beratnya hanya 128 gram dengan dimensi 8,2 mm. Untuk ukuran Lenovo A Series, A6000 ini terbilang cukup tipis.

Jika dibandingkan dengan pesain terdekatnya, Xiomi Redmi 2, bentuk dan ukuran Lenovo A6000 masih unggul. Lebar layar Redmi 2 hanya 4,7 inch dengan bobot 133 gram dan dimensi 9,4 mm. Layar Lenovo A6000 juga mengusung panel IPS capacitive touchscreen dengan resolusi HD 720 x 1280 pixel berkerapatan ~294 ppi.

Tampilan Lenovo A6000 semakin elegan dengan material plastik yang digunakan pada body. Material yang sangat mirip dengan Redmi 1S dan Redmi 2 ini juga telah banyak digunakan oleh pabrikan terkemuka. Pada bagian bawah depan layar terdapat tiga buah tombol kapasitif yang atraktif dan lembut.

13. Harga Yang Sangat Murah

Alasan utama mengapa saya dan Anda harus membeli Lenovo A6000 ini, tentu saja karena harganya yang sangat murah dengan segala kelebihannya. Walau terbilang murah, namun Lenovo A6000 bukanlah smartphone murahan. Lenovo A6000 akan dijual perdana di Indonesia dengan harga Rp1.500.000 oleh toko online Lazada.co.id.

Harga yang ditawarkan ini, sangat-sangat murah jika dilihat beberapa fitur dan kelebihan yang disematkan padanya. Jadi, selain segala kelebihannya, Lenovo A6000 ini cukup terjangkau di kantong orang Indonesia. Dan saya yakin, Lenovo A6000 akan menjadi primadona baru di Indonesia.

***

Walau terdapat banyak catatan bagus, tetap saja ada pula kelemahan pada produk Lenovo A6000 ini. Salah satunya, belum mampu merekam video kualitas high definition (HD) serta tanpa disertai lapisan proteksi pada layar. Dari beberapa review di YouTube, lapisan proteksi ini menjadi catatan buruk, karena jejak jari akan dengan mudah terlihat.

Namun begitu, kedua kelehaman pada Lenovo A6000 tidak mengurangi nilai lebihnya. Soal rekaman video HD, kita bisa menggunakan kamera profesional. Apalagi smartphone peruntukan utamanya memang bukan untuk membuat video. Soal lapisan proteksi pun, kita bisa membelinya terpisah dengan memilih akan menggunakan Gorilla Glass atau Dragontrail. Ada banyak pilihan untuk itu.  

 

Secara keseluruhan, Lenovo A6000 sangat saya rekomendasikan. Anda bisa segera membelinya di Indonesia 19 Maret mendatang. Lazada adalah toko online di Indonesia yang menjual perdana Lenovo A6000 ini. Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi Lazada.co.id dan lakukan transaksi.  

Lazada

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage