11 Tips & Trik Hp Smartphone Tablet OS Android Terbaik Juni 2013

11 Tips & Trik Menggunakan OS Android Juni 2013 — Perangkat dengan sistem operasi android kini semakin popular dan banyak beredar dipasaran, dampaknya kini hampir pengguna perangkat seperti handphone, smartphone maupun tablet telah terbiasa mendapatkan perangkat tersebut dengan sistem operasi android.

Sistem operasi android diciptakan untuk mempermudah pekerjaan, meningkatkan produktivitas dan memberikan hiburan yang maksimal pada penggunanya, namun sayangnya banyak pengguna android yang masih awam dengan sistem operasi besutan google ini. Padahal jika kita mengetahui “seluk beluk”nya, sistem operasi android terbaru (Jelly Bean), hp android akan lebih terasa menabjubkan dari sebelumnya

Sudah banyak yang mengulas mengenai tips & trik memakai os android, maka dari itu agar mudah bagi pengguna awam android, kali ini Blog Lazada mengumpulkan Tips & Trik tersebut dan menyajikan yang terbaik untuk Anda.

Kategori Android dari harga paling murah di lazada: Promo Hp & Tablet Android

1. Aturan Sound Musik (Music Equalizer)

android music equalizer lazada indonesia
Android memiliki alat pemutar musik yang sangat memuaskan yang dapat memanjakan penikmat musik jenis apa saja. pengguna android dapat menemukan aturan suara yang keluar (Music Equalizer).

  • Caranya adalah: Saat anda memutar musik, anda akan menemukan tombol dengan bentuk 3 titik, tekan dan pilih equalizer. Pada equalizer ini anda dapat mengatur bass, treble, dan lain-lain yang sesuai dengan musik yang sedang diputar. Atau Anda dapat dengan mudah memilih aturan yang sudah disediakan seperti “Rock” “Jazz” “pop” dan banyak lagi.

2. Kemudahan Akses Gallery Foto

hp andoid galeri view lazada indonesia
Kebanyakan smartphone atau tablet android memiliki kamera yang cukup bagus, dan android Jelly Bean membuatnya lebih mudah untuk pengguna melihat kembali semua gambar yang telah diambil pada perangkat Anda.

  • Caranya adalah: Dari aplikasi Kamera, Anda dapat menekan tombol sudut kanan bawah untuk melihat gambar terbaru yang baru saja anda jepret, dari sana pengguna dapat menggeser kiri dan kanan untuk melihat gambar lain, jika ingin melihat foto. Bonus: Anda cukup geser ke atas untuk menghapus gambar/foto yang tidak diinginkan.

3. Peringatan Kuota Data Android Anda

data usage lazada indonesia
Android adalah perangkat dengan basis internet, tanpa internet Anda tetap dapat terhubung ke jaringan hanya dengan Wi Fi. Di Indonesia paket internet ini diberi batasan atau disebut paket data, akan menjadi menjengkelkan bila belum habis bulan tetapi paket internet kita sudah habis, nah dengan android Anda tetap bisa mengontrol pemakaian data internet Anda, bahkan bisa memperingatkan ketika paket data akan habis.

    • Caranya adalah: Anda hanya perlu ke bagian “Data Usage” pada bagian Setting. Selain menunjukkan kepada Anda berapa banyak data yang dipakai oleh setiap aplikasi, menu ini juga akan membuat Anda dapat mengatur peringatan ketika penggunaan data Anda mendekati batas tertentu dan menghentikan pemakaian data ketika mencapai batas tertentu. Katakanlah Anda berada di rencana 2GB/bulan. Anda bisa mengatur peringatan ketika Anda mencapai 1.5GB, dan batas pada data ketika Anda sampai 1.9GB.

4. Kostumisasi Lock Screen

android unlock lazada indonesia
Android memberikan pilihan terbaik untuk menjaga hp android anda dari akses orang lain yang tidak Anda inginkan. Lock Screen yang paling standar adalah pin 4 digit atau ANda bisa mengaturnya dengan Tentu saja, ada yang terpercaya PIN empat digit atau menghubungkan serangkaian titik-titik dalam bentuk yang unik. Jika Anda memakai Ice Cream Sandwich Jelly Bean, Anda juga dapat mencoba fitur “Face Unclock”. Andapun dapat mengunci hanya aplikasi tertentu saja dengan menggunakan aplikasi LockScreen WidgetLocker.

5. Informasi Pada Lock Screen

lockscreen info lazada indonesia android
Bila Anda menemukan sebuah handphone yang hilang, maka seringkali kita kesulitan mencari pemiliknya atau temannya atau keluarnya melalui phonebook. Pengguna Android 4.1 and 4.2 menggunakan fasilitas Informasi pada Lockscreen, dengan ini pengguna dapat memberikan tentang dirinya. Sehingga kapanpun hp anda hilang kesempatan untuk hp anda kembali lebih besar dan jika ada yang meminta informasi Anda cukup berikan hp anda tanpa membuka lockscreen.

  • Caranya adalah: pada lockscreen denagn masuk ke setting — Security — Screen Security — Owner Info, dan Anda cukup mengetik informasi Anda, seperti nomor telefon, email, nama Anda atau alamat Anda. Nantinya informasi ini akan muncul pada Lockscreen bahkan ketika hp android kita sedang di kunci sekalipun.

6. Edit Foto/Mengambil Foto dari Video

edit foto android lazada indonesia
Hal menabjubkan lain dari hp android Anda adalah: tanpa memiliki aplikasi edit foto, pengguna dapat mengedit foto, bukan alat edit foto yang sehebat Photoshop namun dengan fitur edit foto yang telah tersedia ini Anda dapat edit foto Anda dengan editan dasar. Bahkan, Anda dapat menjadikan momen pada video menjadi sebuah gambar foto.

  • Caranya adalah: Dari galeri foto cukup tekan “Edit” pada dropdown menu, Anda dapar mengatur foto exposure, menambahkan efek fish eye atau film grain atau meng-crop foto, menghapus red-eye bahkan menhatur saturation dan tint. Cara mengambil foto saat anda mengambil video adalah ketika Anda merekam video tekan frame perekam maka gambar ketika Anda menekannya akan langsung tersimoan di galeri.

7. Memakai Google Maps Offline

google maps offline lazada indonesia android
Integerasi Google Maps tidak diragukan lagi adalah salah satu bagian terbaik yang dimiliki oleh sebuah perangkat android, setelah kita tahu maps Apple memiliki tanggapan negatif diberbagai media. Google Maps menawarkan panduan jalan Turn-By-Turn, namun untuk memperoleh itu kita umumnya memerlukan sambungan data, namun sambungan data adalah hal yang mustahil ketika Anda kehabisan baterai atau berada didaerah yang minim sinyal. Dengan Jelly Bean Anda dapat mendownload peta dari Google maps sehingga peta persebut nantinya bisa diakses tanpa memiliki sambungan intenet.

  • Caranya adalah: Ketika Anda berada di jaringan Wi-Fi (atau di daerah dengan jaringan data yang baik), klik tiga titik di kanan bawah Google Maps dan pilih “Make available offline.” Anda akan dapat memilih area yang ingin Anda simpan, dan Google akan men-download peta bagi Anda untuk kemudian dapat dibuka di waktu luang Anda tanpa harus memiliki sambungan internet.

8. Mengambil Sceenshot

screenshot lazada indonesia android
Sebelumnya, satu-satunya cara untuk mengambil screenshot pada hp android adalah dengan melibatkan rooting perangkat (proses yang sama dengan jailbreaking iPhone) dan menginstal software khusus. Untungnya, itu tidak lagi terjadi di Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean. Sekarang Anda bisa mengambil screenshot dimana saja kapan saja.

  • Caranya adalah: Hanya tekan tombol power dan tombol volume-down secara bersamaan. Layar akan berkedip dan screenshot akan disimpan dalam galeri foto ponsel Anda.

9. Widget pada Homescreen

widget homescreen lazada indonesia
Android membuat Anda dapat mengakses aplikasi atau widget dengan cepat tanpa masuk ke menu yang ruwet. Dengan menampilkan widget pada Homescreen, kini Anda dapat masuk ke menu favorit Anda dari saat Anda membukan lock screen. Anda dapat juga menyematkan jam, info analog atau digital cuaca (diperbaharui berdasarkan lokasi Anda), sebuah bar pencarian Google, sebuah gambaran singkat untuk kalender Anda, dan semua jenis informasi lainnya. Dan banyak aplikasi yang Anda download (seperti Dropbox, yang kita akan menyelam ke dalam hanya dalam beberapa saat) akan memberikan pilihan widget lainnya.

  • Caranya adalah: Cukup pilih “widget” tab dari daftar aplikasi dan tarik apapun yang Anda suka ke homescreen Anda. Jika Anda menjalankan Ice Cream Sandwich, Anda bahkan dapat mengubah ukuran widget ini.

10. Menulis Dengan Emoticon

emoji android lazada indonesia
Android menyediakan kompadilitas yang menabjubkan, yaitu memperbolehkan keyboard Anda menjadi list emoticon seperti wink, smiley, dan dan banyak lagi.

  • Caranya adalah: Download “emoji pada pusat download android Anda.Lalu ke menu “Bahasa dan Input” bagian dari Setting. Klik ikon pengaturan di sebelah “Android keyboard” pilihan, kemudian pilih “Add-on kamus.” Tambahkan “Emoji untuk kata-kata bahasa Inggris,” dan Anda akan dapat menambahkan Emoji untuk kata-kata tertentu seperti “kepingan salju,” “perahu layar,” dan sejumlah orang lain.

11. Memberikan Efek Lucu Pada Video

edit foto android lazada indonesia
Tips satu ini adalah fitur android yang tidak terlalu berguna namun “Super Fun”! Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean memberikan beberapa efek yang bagus untuk menambah kecerian penggunanya ketika kita mengambil video. Menambahkan latar belakang agar terlihat seperti Anda berada di ruang atau berdiri di depan matahari terbenam. Atau memberikan objek foto dengan mata besar, hidung bengkak, atau kepala alien, ini merupakan cara yang baik untuk membuat video konyol untuk seorang teman.

  • Caranya adalah: Cukup pilih menu pilihan dari aplikasi kamera dan Anda akan menemukan efek yang terletak di sana dengan kontrol lain seperti warna dan eksposur.

Itulah beberapa tips & trik android Versi Blog Lazada. Halaman post ini akan terus di Update bila terdapat tips & trik yang baru lagi.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage