10 Trik Sederhana Menjaga Mobil Tetap Bersih

10 Trik Sederhana Menjaga Mobil Tetap Bersih— Zaman sekarang sudah banyak bertebaran jasa cuci dan perawatan mobil. Harga kompetitif yang mereka tawarkan membuat anda tak segan-segan mempercayakan perawatan mobil anda pada para penyedia jasa salon mobil.

 

tips membersihkan mobil (1)

 

Padahal dengan melakukan perawatan dan kebersihan mobil sendiri, anda bisa membersihkan bagian-bagian mobil sesuai dengan yang anda inginkan dan dengan biaya yang lebih ekonomis.  So, simak baik-baik 10 cara sederhana merawat kebersihan mobil berikut ini ya.

 

  1. Cuci Mobil Sendiri

Anda bisa meluangkan waktu weekend anda untuk mencuci mobil sekaligus berolahraga. Mencuci mobil bertujuan untuk menyingkirkan kotoran yang melekat di body mobil. Gunakan lap pencuci dan pengering serta air yang bersih.

 

  1. Cegah Jamur Menempel

Mencegah jamur tumbuh di mobil kita sebenarnya adalah tindakan preventif.  Cara menghindari timbulnya jamur adalah dengan selalu menjaga mobil tetap kering setelah terkena hujan.

 

  1. Rutin Bersihkan Interior

Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan jok mobil. Jangan lupa dibantu dengan kain kering sikat nylon, dan produk pembersih untuk memaksimalkan vacuum cleaner dalam mengangkat kotoran.

 

  1. Kaca Mobil

Menjaga kebersihan kaca mobil adalah hal mutlak karena untuk menjaga pandangan anda ketika berkendara. Gunakan produk pemoles kaca yang berkualitass untuk membersihkan kaca mobil anda. Jika ada jamur yang membandel di kaca mobil anda, anda bisa menggunakan lap kering.

 

  1. Kebersihan Karpet Mobil

Biasanya karpet mobil merupakan sarang bagi bakteri dan debu. Gunakan vacuum cleaner wet and dry ketika anda mencuci karpet mobil. Pastikan karpet mobil sudah kering ketika akan dimasukkan kedalam mobil.

 

  1. Kebersihan Bagasi Mobil

Bagasi mobil biasanya jarang diperhatikan kebersihannya oleh pemilik mobil. Tetapi siapa sangka bagasi merupakan sarang tumbuhnya kuman dan jamur. Pastikan anda untuk tetap membersihkan bagasi ketika mencuci mobil. Pastikan juga tidak ada rembesan air yang mengalir yang dapat menimbulkan karat dan jamur. Gunakan vacuum cleaner, sikat nylon, dan cairan pembersih untuk membersihkan bagasi.

 

  1. Dashboard Mobil

Menjaga kebersihan dashboard mobil secara teratur dapat memperpanjang umur material lapisan dashboard. Gunakan lap kain dan produk pembersih yang cocok untuk mebersihkan dashboard mobil anda.

 

  1. Hilangkan Baret Halus

Baret halus biasanya muncul ketika anda selesai mencuci mobil, karena ada kotoran yang terbawa lap dan menggores lapisan coating pada mobil. Hindari pemakaian kain yang sama untuk memoles mobil, hal ini untuk menghindari menempelnya kotoran yang bisa menempel di mobil.

 

  1. Kebersihan Ruang Mesin

Kebersihan ruang mobil bertujuan agar anda bisa melihat kondisi mesin mobil lebih baik dan anda bisa mendeteksi kerusakan mesin lebih dini. Jangan mencabut komponen ketika anda mebersihkan ruang mesin agar tidak terjadi malfungsi. Gunakan produk engine degreaser untuk kotoran yang sulit dibersihkan.

 

  1. Kebersihan Kolong Spakbor

Spakbor sangat dekat dengan ban dan pelek mobil. Kebersihan pada spakbor bertujuan agar mobil anda terhindar dari karat. Menjaga kebersihan spakbor dapat dilakukan dengan mencucinya dengan sabut dan sikat nylon ketika anda mencuci mobil.

 

Selamat mencoba, Lazadian’s!

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage