10 Tips Umum & Mudah Merawat Motor Bebek

10 Tips Umum & Mudah Dalam Merawat Motor Bebek — Motor bebek mulai digunakan secara luas sejak tahun1970-an. Motor bebek tetap menjadi pilihan banyak orang sebagai sarana transportasi sehari-hari karena beberapa kelebihannya dibandingkan motor matic atau motor sport, misalnya  kapasitasnya untuk membawa cukup banyak barang bawaan dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

shutterstock_172273034

Untuk menjaga agar kondisi motor bebek Anda tetap prima serta aman dan nyaman dikendarai, ada beberapa bagian dari motor bebek Anda yang harus dirawat dan diperhatikan karena beberapa bagian pada motor bebek Anda akan habis masa gunanya dalam waktu tertentu, jadi pastikan Anda memeriksa dari waktu ke waktu.

Cek kondisi oli

Oli mesin memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk melumasi berbagai komponen mesin mulai dari piston, seher, ring hingga kruk as. Periksa kondisi oli secara berkala dan pastikan bahwa oli tidak berwarna kehitaman. Jika warna oli sudah kehitaman dan kekentalannya sudah berkurang, sebaiknya segera ganti oli.

Cek kondisi aki

Perhatikan batas maksimum dan minimun air aki dan pastikan bahwa kondisi aki Anda tidak melewati batas-batas tersebut. Hal itu dapat mempercepat kerusakan pada sel aki, juga mengakibatkan kerusakan pada bagian lain.

Cek kondisi rantai

Perhatikan kondisi rantai dan pastikan agar rantai motor bebek Anda tidak terlalu kencang karena dapat membuat rantai putus tiba-tiba, ataupun terlalu kendur karena dapat membuat rantai lepas dari roda gigi. Jika rantai sudah kering, gunakan chain lube.

Cek kondisi roda gigi

Pastikan kondisi roda gigi masih baik dan belum tajam. Ganti roda gigi yang sudah mulai tajam karena dapat mengakibatkan rantai putus tiba-tiba.

Cek kondisi busi

Sebagai bagian yang sangat penting pada motor, kondisi busi harus Anda periksa secara berkala. Jika Anda telah melalui jarak 12.000 km, sebaiknya ganti busi pada motor bebek Anda.

Periksa kabel koil

Pastikan tidak ada retakan pada kabel koil yang menyambungkan listrik ke busi. Jika Anda menemukan retakan akibat sudah terlalu lama dipakai, sebaiknya ganti kabel koil.

Rawat filter kaburator

Berdasarkan jenis karburator motor bebek Anda, lakukan perawatan untuk menjaga fungsinya. Perawatan ini bisa Anda lakukan dengan membersihkan filter kaburator. Jika motor bebek Anda menggunakan filter basah maka bersihkan dengan bensin dan oli, sedangkan untuk filter kering semprot dengan kompresor.

Periksa selang bensin

Selang bensin yang sudah tidak lentur dan mulai mengeras dapat menyebabkan hambatan pada saluran bensin ke karburator, jadi pastikan selang bensin pada motor bebek Anda masih lentur dan tidak ada retakan di titik-titik tertentu.

Jangan terlalu lama memanaskan mesin

Panaskan mesin sebelum memakai motor bebek untuk waktu 2-5 menit. Hal ini dilakukan untuk menaikkan oli dan melumasi komponen mesin yang akan bekerja.

Periksa tekanan angin ban

Pastikan tekanan angin pada ban pas, tidak terlalu keras  dan tidak kurang juga karena dapat mengakibatkan kerusakan.

Beberapa tips umum di  atas dapat membantu sebagai pengingat atas apa saja yang dibutuhkan oleh motor bebek Anda, terutama jika motor adalah teman Anda di perjalanan sehari-hari. Pastikan kondisinya terjaga, dan motor bebek Anda akan membawa Anda ke tempat tujuan dengan aman dan nyaman.

 

About the Author

Rifki Marchianto

PROMOTION

homepage