10 Tips & Trik Fitur Terbaru di Android KitKat

10 Tips & Trik Fitur Terbaru di Android KitKat —┬áSetelah cukup lama mempromosikan keluaran barunya ini, akhirnya Google merilis versi terbaru dari Android. Versi 4.4 yang juga dikenal dengan KitKat ini hadir dengan beberapa fitur baru dan perkembangan yang pastinya akan memberi pengalaman lebih baik bagi pengguna Android.

shutterstock_197347451

Saat ini, KitKat hanya tersedia di Google Nexus 5, namun akan segera tersedia pula untuk Nexus 4, 7 dan 10, juga Samsung Galaxy S4 serta HTC One Google Play Edition. Penasaran dengan apa saja fitur yang akan dapat dinikmati pecinta Android? Ayo simak 10 fitur terbaru di Android KitKat berikut ini.

1. Manajemen memori yang lebih baik

Walaupun gadget yang Anda miliki hanya memiliki RAM 512 MB, Android KitKat yang memiliki manajemen memori yang telah ditingkatkan akan membuat gadget Anda menjadi lebih lancar. Perkembangan baru ini juga akan membuat fitur multitasking berfungsi lebih baik.

2.Google Now yang telah dikembangkan

Fitur yang saat ini baru tersedia di Nexus 5 ini akan membuat Anda daoat mengakses Google Now hanya dengan mengatakan ‘OK Google’. Fitur contextual cards pada Google Now juga kini semakin ditingkatkan dimana sekarang kartu-kartu ini dapat memprediksi kebutuhan Anda berdasarkan lokasi atau situs yang sering Anda kunjungi.

3. Google Hangouts

Aplikasi Google Hangouts kini dapat digunakan untuk mengirim SMS dan MMS, sehingga semua pesan Anda akan tersimpan lebih rapi dalam satu aplikasi. Google Hangouts juga memiliki fitur HD video call dan sharing lokasi melalui Google Maps, juga mengirim gambar bergerak dengan format GIF.

4. Fitur telepon terintegrasi

Dengan integrasi dengan Google Maps, Anda dapat mencari nomor instansi, restoran, atau bisnis apapun yang terdeteksi oleh Google Maps. Dengan fitur ini Anda juga dapat mengidentifikasi nomor yang tidak dikenal dan mengurutkan isi contacts dengan orang-orang terdekat yang paling sering Anda hubungi.

5. Immersive Mode

Dengan fitur baru immersive mode ini, Anda dapat menghilangkan tampilan-tampilan tertentu yang dapat mengganggu saat Anda sedang menonton video, membaca buku atau memainkan game favorit Anda. Fitur ini juga mudah dikontrol dan sangat praktis untuk meningkatkan kemudahan dan pengalaman Anda dalam menggunakan gadget Anda.

6. Integrasi dengan penyimpanan cloud

Android KitKat memiliki Google Drive yang terintegrasi dalam sistemnya, sehingga Anda dapat menyimpan gambar, dokumen, dan berbagai data lainnya di cloud tanpa perlu menyimpannya di gadget Anda terlebih dahulu. Dengan integrasi ini, aplikasi seperti Quick Office juga akan mampu membuka dokumen langsung dari Google Drive.

7. Google Cloud Print

Dengan fitur ini, pengguna Android KitKat akan dapat mencetak gambar atau dokumen melalui koneksi wifi atau bluetooth. Tentunya, Anda akan memerlukan printer yang dapat mengakses wifi atau bluetooth untuk menggunakan fitur Google Cloud Print ini.

8. Sensor

Android KitKat memiliki dua sensor baru yaitu step counter dan step detector. Sensor-sensor ini juga akan memberi akses pada aplikasi fitness untuk memperoleh data pedometer, sehingga akan membuat gadget dengan Android 4.4 menjadi gadget yang sempurna untuk mendukung aktivitas yang berhubungan dengan fitness dan latihan fisik lainnya.

9. Caption setting

Android KitKat akan memberi kesempatan pada Anda untuk mengkostumisasi segala hal yang berkaitan dengan caption yang akan Anda dapatkan mulai dari bahasa, font style dan ukuran teks.

10. Lock Screen Art

Saat sedang mendengarkan musik atau streaming film, lock screen gadget Anda akan menunjukan gambar sesuai dengan lagu atau film yang sedang Anda nikmati. Kontrol untuk play, pause, dan lain sebagainya akan terdapat pada lock screen sehingga akan memudahkan navigasi dalam keadaan layar terkunci.

Kesimpulannya, Android KitKat versi 4.4 memang bukan update yang sangat spektakuler, namun tetap membawa fitur-fitur baru yang cukup pantas disambut oleh pecinta Android. Masih ada beberapa fitur selain kesepuluh fitur di atas yang pastinya juga akan lebih memanjakan para pengguna Android yang dapat Anda lihat di situs resmi Android.

About the Author

Rifki Marchianto

PROMOTION

homepage