10 Tips Mudah Merawat Mobil Bekas/Tua

10 Tips Mudah Merawat Mobil Bekas/Tua — Cepatnya perkembangan teknologi otomotif tentunya terus menghadirkan kendaraan berteknologi tinggi dengan berbagai fitur dan nilau]i yang ditawarkan sesuai kebutuhan konsumen. Meski begitu, tidak sedikit juga masyarakat dari berbagai golongan yang mencari dan membeli mobil tua karena berbagai alasan.

shutterstock_66220477

Bagi Anda yang tidak ingin membuang terlalu banyak uangnya untuk membeli mobil terbaru dengan harga tinggi, membeli mobil bekas atau mobil keluaran lama bisa menjadi alternatif bagi Anda. Namun tentunya, jika Anda memiliki mobil yang berusia lebih tua, Anda memerlukan perawatan ekstra agar mobil Anda tetap memiliki performa yang prima. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menjaga kehandalan mobil Anda.

1. Bersihkan Mobil Secara Teratur

Yang dimaksud dengan membersihkan di sini bukan sekedar mengelap bagian luarnya saja, tapi juga membersihkan hingga ke semua bagian yang bisa Anda jangkau, apalagi jika Anda membeli mobil bekas. Selain demi kenyamanan Anda, membersihkan mobil bisa membuat Anda menemukan masalah-masalah lain yang mungkin ada pada kendaraan Anda.

2. Perbaiki dashboard dan setir

Perbaiki bagian dalam mobil terutama bagian yang akan sering Anda jumpai seperti dashboard dan setir. Menambahkan cover juga dapat menutupi kekurangan pada dashboard dan setir, membuat menyetir menjadi lebih nyaman. Jika tidak ingin menambahkan cover, mengecat ulang atau melakukan modifikasi lain juga dapat Anda lakukan.

3. Gunakan cover untuk jok

Cover tebal untuk jok akan dapat menambah kenyamanan dan menghindari berbagai kotoran yang dapat menodai jok secara langsung.  Cover juga menjaga agar jahitan pada jok tidak mudah lepas.

4. Lebih sering mengganti oli

Untuk mobil yang berusia lebih dari 10 tahun, ganti oli setiap 2500 km. Dengan begitu, tingkat emisi akan dapat ditekan dan meringankan beban kinerjanya. Untuk proteksi optimal, sebaiknya gunakan oli dengan kekentalan SAE 10- 40 W atau 15-40 W.

5. Perhatikan kondisi kabel

Karena kabel yang sudah getas lebih berpotensi untuk menyebabkan konsleting dan membuat mesin tidak bisa dinyalakan, perhatikan kondisi kabel dan ganti kabel yang sudah getas dengan kabel yang baru. Lebih buruk lagi, kerusakan juga dapat menyebabkan timbulnya percikan di permukaan kabel yang dapat menimbulkan kebakaran.

6. Perhatikan kondisi ring

Sebaiknya ganti ring seher yang sudah lemah dan berkarat dengan yang baru. Mengganti ring akan membuat aliran bensin menjadi lebih lancar dan membuat suara mesin menjadi tidak kasar.

7. Perhatikan karet penyangga

Karet penyangga yang ada pada pintu dapat mudah robek seiring berjalannya waktu. Selain membuat mobil Anda menjadi jelek, karet yang robek akan menimbulkan bunyi berdesing saat berkendara dan dapat berujung pada masalah-masalah seperti bocornya air hujan ke dalam mobil.

8. Perhatikan velg dan roda

Penggantian roda dan velg yang sudah rusak serta berkarat dapat meningkatkan performa kendaraan Anda. Walaupun biayanya memang tidak murah, mengganti velg dan roda juga adalah salah satu alternatif untuk mengkostumisasi mobil Anda sehingga memiliki penampilan yang sesuai dengan selera Anda.

9. Cat mobil

Jika interior mobil perlu diperbaiki demi kenyamanan penumpang, eksterior mobil perlu diperhatikan untuk menjaga penampilan mobil. Cara paling sederhana adalah dengan menggunakan compound untuk membuat mobil terlihat mengkilat, atau mengecat ulang jika cat mobil sudah terlihat kusam atau banyak goresan. Lebih jauh, Anda dapat memodifikasi body mobil jika Anda bersedia mengeluarkan lebih banyak uang.

10. Pakaikan cover saat memarkir mobil

Untuk menjaga cat dan eksterior kendaraan agar tetap apik, pakaikan cover pada mobil Anda, terutama jika sedang di parkir di luar garasi. Hal ini bisa membuat cat lebih lama pudar dan menghindarkan mobil dari getah pohon, kotoran burung atau kotoran lain yang sulit dibersihkan.

Dengan melakukan 10 tips mudah merawat mobil bekas/tua di atas, Anda akan dapat menjaga performa dan menggunakan mobil tua Anda selayaknya mobil baru. Anda juga akan merasakan kenyamanan seperti saat Anda mengendarai mobil keluaran baru. Langkah perbaikan juga bisa dilakukan secara bertahap sehingga tidak akan menghabiskan waktu dan uang Anda sekaligus.

Buruan belanja otomotif di lazada.co.id! >>> http://www.lazada.co.id/otomotif/

lazada jual mobil dan motor

About the Author

Rifki Marchianto

PROMOTION

homepage