10 Tips Membentuk Band Musik Dari 0

10 Tips Membentuk Band Musik Dari 0 — Selain sebagai hobi, pada saat ini musik juga merupakan industri bisnis yang cukup banyak diminati. Dengan sangat banyak orang yang memiliki keinginan untuk sukses pada industri musik, Anda akan membutuhkan kombinasi yang tepat antara tekad, bakat dan sikap, juga anggota tim yang siap membantu dan mendukung Anda mencapai kesuksesan.

shutterstock_144267103

Membuat band yang terdiri dari beberapa personil juga merupakan pilihan yang tepat untuk lebih memudahkan jalan Anda menuju kesuksesan. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membangun sebuah band musik impian Anda dari awal.

Tentukan aliran musik Anda

Sebelum mencari anggota, pikirkan aliran musik apa yang ingin Anda mainkan. Penentuan aliran musik ini nantinya akan menentukan anggota dengan keahlian apa saja yang Anda butuhkan dalam band Anda. Paduan antara lebih dari satu aliran yang sudah dikenal untuk membuat aliran musik baru juga dapat Anda lakukan untuk menciptakan ciri khas untuk band Anda.

Cari anggota

Cari anggota yang memiliki keahlian sesuai dengan aliran musik yang Anda pilih. Misalnya Anda akan memerlukan gitaris listrik jika band Anda adalah sebuah band rock. Jangan terburu-buru dalam memilih anggota dan gunakan berbagai media mulai dari internet, pamflet dan lain sebagainya. Untuk memulai sebuah band, yang Anda perlukan bukanlah pemain ahli yang sangat hebat, namun orang-orang yang ingin belajar, berkompromi dan terus bermain bersama. Pertimbangkan juga jumlah anggota pada band Anda. Semakin banyak anggota akan memperkaya musik Anda, namun akan lebih sulit dikoordinasi.

Pertimbangkan untuk membuat kontrak internal

Untuk mempertahankan komitmen anggota band, Anda bisa membuat semacam perjanjian komitmen. Komitemen adalah hal yang sangat penting karena kehilangan satu anggota band pada satu latihan saja dapat membuat perkembangan band Anda menjadi terhambat.

Cari tempat latihan

Cari tempat yang mudah dijangkau dan nyaman bagi anggota band Anda. Tempat latihan bisa berupa garasi atau ruang bawah tanah jika band Anda sudah memiliki alat musik sendiri, atau gunakan studio yang menyediakan alat musik. Harga yang ditawarkan untuk studio musik juga beragam, jadi temukan tempat latihan yang terjangkau sehingga band Anda bisa lebih sering latihan untuk menyempurnakan penampilan.

Mulai menulis lagu

Orisinalitas lagu dan cerita yang ingin Anda sampaikan melalui musik Anda akan menjadi lebih baik dengan lagu yang Anda ciptakan sendiri. Lagu juga adalah salah satu faktor terpenting yang akan menentukan kesuksesan band Anda, jadi pastikan Anda mempersembahkan lagu yang tepat terutama untuk kesan pertama pada pendengar Anda. Tulislah sebanyak apapun lagu yang Anda mampu, namun tetap perhatikan kualitasnya. Untuk melindungi hak Anda atas lagu yang Anda ciptakan, Anda dapat mendaftarkannya pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual.

Beri nama untuk band Anda

Pilih nama yang unik dan mudah diingat. Jangan lupa lakukan riset mengenai nama-nama yang sudah digunakan oleh band atau musisi lain di dunia. Kadang kala, jika Anda menggunakan nama yang sudah terlebih dahulu digunakan oleh band atau musisi yang lebih terkenal, pendengar akan kesulitan menemukan lagu Anda jika Anda menggunakan media promosi digital seperti Youtube atau Soundcloud.

Rekam sebuah demo

Demo akan menjadi sarana promosi yang dapat band Anda gunakan dengan berbagai metode pemasaran mulai dari internet, dijual pada saat kesempatan tertentu, atau dikirim ke perusahaan rekaman.

Promosikan band Anda

Dengan demo yang sudah Anda rekam, promosikan band Anda. Kirim demo Anda ke kafe di sekitar tempat tinggal Anda, upload lagu Anda ke media sosial seperti Soundcloud dan upload rekaman penampilan Anda ke Youtube agar lebih banyak orang mengenal band Anda. Gunakan kenalan, saudara, kerabat, teman sekolah dan kampus Anda dan cari tawaran manggung sebanyak-banyaknya.

Carilah bantuan profesional

Jika Anda memiliki dana yang cukup, sewa akuntan atau manager yang dapat membantu Anda untuk mencarikan pekerjaan atau mengatur jadwal Anda. Konsultasi kepada ahli atau mereka yang lebih berpengalaman juga dapat menginspirasi Anda untuk bergerak ke arah yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Jangan putus harapan

Jalan Anda mungkin tidak semulus yang Anda perkirakan, jadi terus mencoba dan jangan menyerah!

Musik adalah sarana yang dicari oleh orang-orang untuk mencari inspirasi, mengalihkan pikiran dan bersenang-senang. Oleh karena itu, Anda harus bersenang-senang dalam membangun band Anda, juga dalam setiap penampilan Anda. Nikmati perjalanan Anda dari bawah dan yakinlah bahwa suatu saat nanti Anda akan berada di atas dan mengenang semua yang pernah Anda lalui untuk mencapai kesuksesan.


PROMOTION

homepage