10 Tips Untuk Ibu Saat Menyusui & Menggunakan Botol Bayi

10 Tips Ibu Saat Menyusui & Menggunakan Botol Bayi — Untuk memenuhi kebutuhan buah hati Ibu, memang sebaiknya Ibu memberikan ASI eksklusif. Namun mengingat kesibukan dan banyaknya aktivitas Ibu pada masa kini, pilihan lain seperti menggunakan pompa ASI atau pemberian susu formula merupakan salah satu solusi yang bisa diambil Ibu.

shutterstock_184793729 (1)

Ada beberapa tips yang harus diketahui oleh Ibu terkait dengan pemberian susu untuk sang buah hati baik secara langsung maupun dari botol, agar memenuhi kebutuhan anak sekaligus menghindarkannya dari hal yang tidak diinginkan. Berikut ini Tipsnya:

Tips Ibu Menyusui

  1. Asupan Gizi Pada saat menyusui, Ibu membutuhkan lebih banyak kalori dan zat gizi lebih banyak daripada saat hamil. Pada 6 bulan pertama menyusui Ibu memerlukan sekitar 2900 kalori/ hari, dan sekitar 2700 kalori/hari untuk 6 bulan berikutnya. Maka dari itu Ibu harus memperhatikan asupan gizi, terutama selama masa menyusui. Hindari juga diet pada masa menyusui. Jika ingin lebih memahami kebutuhan gizi dan kalori, Ibu dianjurkan untuk mengunjungi dokter atau ahli gizi.
  2. Konsumsi Makanan Makanan yang dikonsumsi Ibu sehari-hari harusnya bergizi seimbang dan terdiri dari makanan dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serta serat. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula. Hindari juga junk food.
  3. Konsumsi Minuman Ibu harus mengonsumsi lebih banyak cairan. Karena gula harus dikurangi, Ibu sebaiknya meminum air putih atau susu dan sari buah tanpa gula. Usahakan mengonsumsi 8 gelas air, atau kira-kira 1-2 liter air per hari.
  4. Lemak dalam Tubuh Jangan terlalu khawatir akan bentuk tubuh Ibu, karena penurunan berat badan Ibu yang menyusui akan berlangsung lebih cepat dari Ibu yang tidak menyusui, karena cadangan lemak pada tubuh Ibu yang disiapkan selama masa kehamilan akan menyusut pada masa menyusui.
  5. Olahraga Teratur Olahraga juga dianjurkan untuk menjaga bentuk tubuh Ibu. Namun sebelumnya jangan lupa konsultasi ke dokter mengenai olahraga yang tepat dan tidak terlalu berat untuk Ibu.

Tips Menggunakan Botol Bayi

  1. Botol Bayi Ada sangat banyak pilihan botol susu yang tersedia, dan tugas Ibu adalah memilih yang terbaik untuk anak. Perhatikan betul jenis dan desain botol, juga teliti apakah bahannya aman untuk sang buah hati.
  2. Sterilisasi Botol Pastikan botol yang akan digunakan anak Ibu steril dari virus dan bakteri. Cuci botol dengan air panas untuk menghindari virus setiap kali Anda akan memberikan susu pada anak Ibu.
  3. Porsi Susu Formula Jika menggunakan susu formula, pastikan Anda selalu mengikuti aturan yang tertera pada kemasan susu. Sangat penting untuk memberi anak Ibu susu dengan porsi yang tepat, karena susu merupakan asupan gizi dasar yang akan didapatkan anak Ibu.
  4. ASI Botol Jika Ibu melakukan pompa ASI, jangan menghangatkan ASI dalam microwave. Menghangatkan ASI dalam microwave akan menghilangkan semua mineral dan vitamin yang terkandung dalam ASI. Jika Ibu ingin ASI tetap hangat, panaskan di atas kompor.
  5. Awasi Anak Selalu awasi anak Ibu saat sedang meminum susu, terutama dari botol. Jangan sampai anak Ibu tersedak. Awasi pula jika anak Ibu sudah kenyang, jangan tetap memaksakan untuk menghabiskan susu dalam botol, karena juga bisa menyebabkan anak tersedak.

Beberapa hal yang telah disebutkan di atas harus diperhatikan dan sebaiknya diikuti oleh Ibu, karena bila Ibu lalai, anaklah yang akan terkena dampaknya. Jadi, walaupun Ibu sibuk dan memiliki banyak aktivitas, pastikan Ibu memiliki cukup waktu bersama anak Ibu. 😉


PROMOTION

homepage