10 Tips Cara Membantu Seorang Berhenti Merokok


10 Tips Cara Membantu Seorang Untuk Berhenti Merokok — Hi Lazadian’s apakah Anda perokok? Jika bukan, bagus untuk anda! Namun beberapa orang terdekat kita mungkin adalah perokok. Entah pasangan, saudara, keluarga, pacar atau sekedar teman, kali ini kami akan berbagi sedikit tips berupa hal yang perlu Anda lakukan jika Anda peduli mereka untuk mulai berhenti merokok.

shutterstock_75769741

Perlu kita ketahui bahwa banyak dari perokok sebetulnya ingin berhenti merokok, apapun alasan mereka, hal tersebut tentunya memerlukan dukungan orang-orang terdekat, dan mungkin itu anda. Tentu saja dukungan juga harus dilakukan dengan tepat, jangan sampai kita mendukung dengan cara yang salah yang malah membuat mereka menyerah sebelum mencoba. Yuk langsung aja kita simak tipsnya berikut ini.

Hal Yang Perlu Anda Lakukan:

  1. Ingat bahwa keputusan untuk berhenti merokok adalah keputusan mereka, hal tersebut adalah tantangan mereka, bukan Anda.
  2. Bersikap biasa saja, jangan terus menekan mereka dengan mempertanyakan kapan mereka akan berhenti merokok.
  3. Bantu mereka menyiapkan segala bahan untuk berhenti seperti menyiapkan permen atau cemilan kecil selalu di lemari es-nya.
  4. Habiskan waktu dengan hal yang menjauhkan mereka dari kegiatan merokok seperti menonton bioskop, lari beberapa putaran, berenang atau bersepeda.
  5. Rancang rumah Anda seakan “bebas asap rokok”, seperti membersihkan karpet, memakai air purifier, membuang korek, membuang asbak. Usahakan membuang semua benda yang akan mengingatkan mereka pada rokok. Hal ini juga berlaku pada kendaraan seperti mobil.
  6. Rayakan keberhasilan mereka saat berhasil berhenti merokok. Berhasil berhenti merokok merupakan hal yang besar lho!
  7. Jika mereka gagal, katakan bahwa mereka belum gagal, yang terpenting adalah mereka mencari cara untuk berusaha berhenti merokok dan percobaan berhenti berikutnya akan Anda akan tetap mendukung mereka penuh, berapa kali gagal pun.
  8. Jika mereka kembali merokok setelah beberapa waktu berhenti, ingatkan betapa sulitnya mereka mencapai titik berhenti merokok tersebut.
  9. Ingatkan mereka alasan awal mereka ingin berhenti merokok pertamakalinya.
  10. Puji mereka karena mereka pernah mencoba untuk berhenti merokok, berapa sebentar pun mereka sempat berhenti, entah hanya sebulan, seminggu atau sehari saja.

Hal yang Jangan Dilakukan:

  1. Jangan remehkan usaha mereka dalam berhenti merokok. Keyakinan Anda akan menjadi pengingat mereka untuk tidak kembali merokok
  2. Jangan menilai, cerewet, menggoda, atau memarahi. Hal ini dapat membuat perokok merasa lebih buruk tentang dirinya sendiri. Anda tidak akan ingin ia untuk beralih ke rokok untuk menenangkan perasaan sakit hati tersebut.
  3. Jangan dimasukan ke hati apabila sang pemberhenti rokok sering marah-marah selama masa berhenti mereka. Katakan kepada mereka bahwa Anda paham akan proses ini dan ingatkan mereka bahwa kegundahan ini tidak akan berlangsung selamanya. Biasanya kegusaran orang yang baru berhenti merokok akan berlangsung selama 2 minggu awal.
  4. Jangan tawarkan saran kepada mereka. Tanyakan apa yang bisa Anda bantu dalam program berhenti merokok mereka.
  5. Jangan langsung mengasumsi bahwa mereka telah gagal ketika mereka mencoba merokok kembali (hanya 1 atau 2 batang rokok) . Itu adalah hal wajar ketika seseorang mencoba berhenti merokok.
  6. Jangan memarahi, menggoda, menyalahkan, atau membuat mereka merasa bersalah. Pastikan mereka tahu bahwa Anda akan tetap peduli kepadanya meskipun mereka merokok atau tidak mereka merokok.

Bagaimana apakah Anda siap membuat perbedaan dalam hidup seorang perokok hari ini? Tinggalkan komentar Anda jika Anda memiliki pengalaman atau tips ampuh lainnya.


PROMOTION

homepage