10 Tips Cara Diet Sehat Alami Cepat Turun Berat Badan

10 Tips Cara Diet Sehat Alami Cepat Turun Berat Badan — Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, kemungkinan akan merasa melakukan diet adalah sesuatu yang berat dan melelahkan. Kali ini, kami akan memberikan tips bagaimana menurunkan berat badan dengan cara yang lebih alami dan sehat.  Penasaran? Yuk, simak bareng-bareng!

shutterstock_128761511

1. Cemilan Sehat

Dahulu, cemilan adalah salah satu hal yang tabu untuk dilakukan saat diet. Namun ahli nutrisi membuktikan bahwa sebenarnya lebih baik mengonsumsi sedikit cemilan sehat daripada menahan rasa lapar lalu makan besar dengan kandungan yang tidak sehat. Salah satu cemilan yang dianjurkan saat ingin menurunkan berat badan adalah edamame, atau cemilan berprotein tinggi lainnya.

2. Jangan Makan Sambil Beraktivitas

Makan sambil menonton TV terbukti akan membuat tubuhmu menyerap 40% kalori lebih banyak dari seharusnya. Melakukan aktivitas seperti menyetir atau memainkan ponsel sambil makan juga akan membuatmu lebih lama kenyang dan mengonsumsi lebih banyak makanan. Jadi, lebih baik kamu makan tanpa melakukan aktivitas sambilan.

3. Cek Berat Badan Kamu Secara Teratur

Terus pantau berat badanmu untuk mengetahui berapa jarak kamu dari target berat badanmu. Dengan begitu kamu bisa menentukan sejauh apa kamu harus menjaga pola makan dan seberapa banyak olahraga yang harus kamu lakukan.

4. Olahraga Teratur

Olahraga minimal 3 kali seminggu. Tidak perlu olahraga berat, cukup olahraga ringan seperti push-up, lunge atau squat, masing-masing 5 menit akan cukup untuk membentuk dan mempertahankan massa otot kamu. Semakin banyak otot akan membuat metabolisme tubuh kamu semakin tinggi dan tubuh kamu akan lebih mudah membakar kalori.

5. Alihkan Perhatian

Saat kamu memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi tertentu, ajak ngobrol teman kamu atau hubungi seseorang jika kamu sedang sendirian. Penelitian membuktikan bahwa nafsu makan terhadap sesuatu hanya akan bertahan hingga 5 menit, jadi kemungkinan besar kamu akan lupa dengan keinginan kamu untuk makan setelah selesai ngobrol atau menelepon.

6. Konsumsi Sarapan yang Sehat & Mengenyangkan

Dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan protein tinggi akan membuatmu mampu menahan lapar lebih baik. Sarapan juga akan membuatmu mampu menjaga nafsu makanmu saat waktu makan siang tiba. Kebutuhan gula dalam darah juga akan tetap terpenuhi.

7. Kurangi Minuman Beralkohol

Beberapa jenis minuman beralkohol dapat menimbun ratusan kalori tanpa mengurangi rasa lapar. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi minuman beralkohol yang berat dan minum air putih. Jika ingin minum selain air putih, lebih baik konsumsi soda atau bir ringan.

8. Konsumsi Buah-buahan Dua Kali Sehari

Mengonsumsi buah akan membantu menahan lapar karena kandungannya yang didominasi oleh air. Walau mengandung karbohidrat tinggi, buah-buahan juga mengandung serat yang dapat membuatmu lebih sehat.

9. Tidur Lebih Lama

Penelitian membuktikan bahwa dengan tidur lebih lama, kamu akan mampu untuk membuat pilihan yang lebih baik terkait makanan apa yang akan kamu konsumsi. Dengan tidur lebih lama, kamu juga akan menjadi lebih berenergi sehingga akan mengurangi keinginan nyemil karena stres atau lelah.

10. Bayangkan Memiliki Tubuh Impianmu

Motivasi visual yang didapatkan dengan membayangkan bentuk tubuh impian akan membantumu untuk tetap fokus dalam menuju berat badan ideal yang kamu inginkan.

Dari 10 tips di atas, kamu cukup mengikuti minimal tiga tips dan membiasakan diri untuk melakukannya sehari-hari untuk menurunkan berat badanmu. Selamat mencoba dan jangan cepat menyerah ya!


PROMOTION

homepage