10 Tips Aman Menghindari Pencurian Mobil


10 Tips Aman Terhindar dari Pencurian Mobil —┬áBagi Anda pengendara mobil atau motor dimanapun Anda berada, Anda akan memiliki risiko menjadi korban pencurian kendaraan. Baik di kota besar ataupun di daerah sepi, para pencuri yang menargetkan kendaraan pribadi kerap menemukan cara untuk menjadi momok yang membuat jengkel masyarakat, khususnya para pemilik kendaraan. Berbagai teknologi keamanan kendaraan telah diciptakan untuk menghindari kita dari pembobol mobil, kita tinggal memakainya.

shutterstock_139742902

Untuk mencegah tunggangan Anda raib dalam sekejab mata, berikut adalah 10 tips yang dapat Anda lakukan dalam upaya menjaga mobil Anda dari tangan-tangan bandel para pencuri mobil.

1. Memasang Alarm

Sebagai perlindungan dasar untuk mobil Anda, alarm kini dapat diakali oleh sejumlah pencuri yang berpengalaman dan memiliki teknologi canggih, terutama jika alarm mobil Anda memiliki instalasi terbuka. Oleh karena itu pasang alarm mobil Anda dengan instalasi tertutup dan tersembunyi.

2. Pastikan Kondisi Mobil Aman Ditinggal

Pastikan agar semua pintu dan jendela tertutup rapat. Jika ada pintu yang tidak tertutup rapat, alarm tentunya tidak akan berfungsi dan memudahkan pencuri untuk membawa lari mobil Anda.

3. Gunakan Kunci Setir dan Kunci Pedal

Dengan menggunakan kunci tambahan pada setir dan pedal (gas, rem, atau kopling) pencuri mobil akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk melakukan aksinya. Menggunakan berbagai kunci tambahan juga bisa membuat pencuri mengurungkan niatnya karena waktu yang lama berarti risiko yang lebih tinggi.

4. Gunakan Kunci Roda/Immobilizer

Kunci tambahan berupa immobilizer ban juga dapat mengaitkan velg dan membuat mobil tidak bisa bergerak. Sama seperti kunci setir dan kunci pedal, kunci roda juga dapat membuat oknum jahat mengurungkan niatnya untuk manjadikan kendaraan Anda target.

5. Jangan Meninggalkan Mobil Dalam Keadaan Mesin Menyala

Walaupun sedang berada di parkiran depan rumah atau garasi, jangan meninggalkan mobil dalam keadaan mesin menyala. Perhatikan terus mobil Anda jika sedang memanaskan mesin mobil dan matikan mesin jika mobil akan ditinggal.

6. Parkir di Tempat yang Aman

Hindari tempat parkir yang tidak aman walaupun dengan alasan lokasi yang lebih dekat, praktis, tidak perlu membayar parkir, dan lain-lain. Selalu parkir di tempat yang aman, sebisa mungkin lengkap dengan petugas keamanan dan fasilitas keamanan yang memadai seperti adanya kamera pengawas.

7. Jangan Meninggalkan Kartu Parkir di Dalam Mobil

Beberapa tempat parkir yang mengutamakan keamanan akan meminta pengemudi menunjukan kartu/karcis parkir serta STNK saat pengemudi ingin keluar dari tempat parkir. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan tinggalkan kartu parkir di dalam mobil karena itu akan memudahkan pencuri mobil dalam menjalankan aksinya.

8. Gunakan Perangkat GPS

Perangkat GPS merupakan salah satu cara untuk mencari tahu kemana pencuri mobil membawa lari kendaraan Anda. Walau hanya berfungsi beberapa saat sebelum disadari sang pencuri, GPS merupakan cara termudah bagi Anda untuk mendapatkan kembali mobil yang telah dicuri.

9. Ganti Perangkat Pengamanan Pada Mobil Bekas

Jika Anda menggunakan mobil bekas/seken, sebaiknya ganti semua kunci yang sudah tersedia seperti kunci setir, kunci pedal, atau kunci/switch rahasia untuk mengantisipasi niat buruk bagi orang yang pernah memiliki kunci tersebut dan mungkin memiliki duplikat kuncinya.

10. Perhatikan Penyedia Jasa yang Anda Gunakan

Pilihlah bengkel yang terpercaya untuk mengurangi risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Begitu halnya dengan parkir valet, tetaplah waspada dan jangan tinggalkan STNK dan kartu parkir di dalam mobil kecuali terpaksa.

Jangan lengah dalam kesibukan Anda, karena kelalaian Anda bisa menjadi kesempatan bagi oknum-oknum tertentu. Untuk menghindarkan kendaraan Anda dari pencurian, 10 tips di atas akan membantu Anda untuk mencegah dan mengantisipasi aksi kejahatan yang mungkin dapat menimpa Anda.

About the Author

Rifki Marchianto

PROMOTION

homepage