10 Fitur Baru Android Lollipop 5.0 (yang Tidak Ada di KitKat)

10 Fitur Baru Android Lollipop 5.0 (yang Tidak Ada Pada KitKat) — Android Lollipop terbaru telah dirilis, beberapa smartphone terbaru pun sudah hadir dengan update terbaru OS Android ini. Pada udpate terbaru Android ini, Google menyempurnakan beberapa fitur sehingga membuat Android Lollipop 5.0 memiliki fitur lebih lengkap daripada Android KitKat. Berikut ini beberapa penyempurnaan yang dapat kita jumpai pada Lollipop 5.0 yang tidak dimiliki pada OS sebelumnya (KitKat).

Fitur Senter (Built-in Torch)

Battery-percentage-is-now-displayed-in-the-Quick-Settings-menu

Aplikasi senter merupakan salah satu aplikasi yang sangat popular pada platform Android. Oleh karena itu Google akhirnya memutuskan untuk menjadikan fitur yang memanfaatkan flash smartphone sebagai senter ini menjadi fitur standar pada Lollipop. Cara mengaktifkannya sangat praktis, tarik kebawah notification drawer lalu tap top bar untuk membuka senter (torch).  Tentunya fitur ini akan tersedia apabila perangkat anda memiliki LED Flash.

Google “Flappy Bird” (Hidden Games)

easter egg lollipop android

Seperti versi Android yang sudah-sudah, Google menyisipkan fitur tersembunyi (easter egg). Menariknya bukan easter egg Lollipop dapat kita mainkan, yakni sebuah permainan yang sangat mirip dengan game popular, Flappy Bird. Caranya sama dengan Android sebelumnya, dengan masuk ke menu Settings -> About phone lalu tap dengan cepat (4kali) bagian “Android version”. Setelah grafik Lollipop muncul, tap lagi beberapa kali, maka permainan Flappy Bird ini akan muncul. Permainan ini juga sesulit versi originalnya (Flappy Bird).

Membuka Kembali Aplikasi Terakhir Setelah Reboot

Pada Android versi 5.0 kebawah ketika me-reboot perangkat, semua aplikasi yang Anda sedang dibuka (recently open) akan hilang. Pada Lollipop 5.0 aplikasi ini masih dapat Anda buka pada layar overview, sehingga Anda dapat kembali membuka aplikasi yang sebelumnya Anda buka dan melanjutkan pekerjaan Anda disana.

Notifikasi Saat Lock Screen

Pada Lollipop semua notifikasi aplikasi akan muncul ketika screen di lock dan siap untuk dilihat. Menariknya, lebih dari itu Anda dapat juga berinteraksi dengan notifikasi ini. Swipe untuk menghilangkan notifikasi, tap untuk masuk kedalam notifikasi dan tahan untuk masuk setting aplikasi tersebut. Atur fitur ini dengan masuk ke Settings ->Sound & notification -> When device is locked, jika Anda ingin menyembunyikan notifikasi ini.

Mode Tamu (Guest Mode)

guest mode android lollipop lazada indonesia

Meminjamkan perangkat kita pada seseorang (teman, saudara, keluarga atau anak kecil) kadang membuat kita sedikit khawatir dengan apa yang akan mereka dapatkan pada perangkat pribadi kita. Oleh karenanya, seperti layaknya pada komputer pribadi, Lollipop memfasilitasi hal ini dengan Guest Mode, dengan mode ini kita dapat mengatur menu yang tampil pada guest mode dengan memilih Add guest dari menu.

Memberi Kode Pin Pada Apps

screen pinning android lollipop lazada indonesia

Beberapa aplikasi terkadang kita tidak ingin dibuka oleh sembarang orang. Oleh karena itu pada Lollipop 5.0, anda dapat mengunci dengan memberi PIN pada aplikasi yang anda inginkan tersembunyi dari tangan-tangan jahil. Untuk mengaktifkannya cukup masuk ke Settings -> Security -> Screen pinning. Setelah mengaktifkan setelan ini Anda akan diminta untuk memasukan kode atau pola untuk membuka aplikasi tertentu.

Prediksi Sisa Baterai (Battery Life)

batery life android lollipop lazada indonesia

Android 5.0 Lollipop memiliki kemampuan untuk memprediksi berapa lama waktu untuk ponsel anda kehabisan daya. Fitur ini juga dapat menunjukan berapa lama anda harus menunggu sampai baterai penuh ketika sedang di-charge/diisi daya-nya. Caranya dengan mengklik ikon baterai pada notification drawer.

Built-in Battery Saver

Aplikasi pihak ketiga untuk menghemat baterai juga sangat populer. Oleh karena itu Google memiliki battery saver mode pada Lollipop 5.0 yang akan otomatis menyala ketika baterai dibawah 15% dan 5%. Anda juga dapat mematika fitur ini secara manual. Pada mode ini, ponsel anda akan mematikan syncing, vibrasi dan hal lain yang dapat menguras baterai dengan cepat. Anda dapat menemukan pilihan battery saver mode ini dari setting.

Search Settings & Networks

Bar pencarian Google (Google Search Bar) terus diperbaharui seiring OS Android baru dirilis. Kini kita dapat mencari menu setting yang akan kita datangi hanya dengan mencarinya pada search bar pada perangkat Lollipop. Tentunya, fitur ini sangat berguna bagi kita yang masih awam akan ekosistem menu setting perangkat Android. Ini bisa menjadi cara cepat untuk menemukan pilihan setting tertentu yang Anda cari tersebut.

Add Trusted Devices

Fitur ini akan secara otomatif menyambungkan Bluetooth atau NFC tanpa memasukan security code kembali. Artinya kita tidak perlu repot repot meng-unlock perangkat Lollipop ketika berada dirumah, mobil atau tempat yang kita sering kunjungi. Untuk mengaturnya, cukup menuju ke Settings -> Security -> Smart Lock.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage